--------- GENERATED BY satriyo
DD      : Mon, 14 May 2007 06:01:03 -0000
FROM    : "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]>

 Mas Jano,

 Saya hanya ingin menegaskan saja, bahwa yang mas bahas ini 'ummat'
 suatu keyakinan tertentu dan bukan sembarang kelompok manusia, entah
 berdasar etnis, ras atau lainnya ... ya kan? Dengan demikian yang
 level adalah membandingkan ummat/umat Islam dan umat-umat (pemeluk
 agama) lainnya, ya kan mas?

 salam,
 satriyo
 ;-]

---
Bila tolok ukurnya lokasi penyumbang efek rumah kaca terbesar, eropa &
amerika akan menempati tempat pertama dengan nota-bene jumlah pemeluk
islamnya "sedikit". Kemudian akan disusul RRC dengan jumlah penduduk 1
milyar (cmiiw) dan industrialisasi gencar, di wilayah ini juga pemeluk
Islam minoritas.

Negara dengan populasi pemeluk Islam terbesar tersebar di India,
Indonesia, Malaysia, Timur Tengah (total sekitar 800 juta umat Islam).
Negeri2 ini Bukan Negara Industri; tapi "konsumen" industri yg tidak
kalah rakus. Islam juga bukan agama dengan pemeluk Islam terbesar di
dunia.

Kalau mau "fair" bandingkan pabrik di negara Islam dan non-Islam,
bagaimana persentasenya? mungkin hasilnya akan beda. saya pribadi
menganggap ini bukan hal penting atau membanggakan.