--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> MIA: betul, mungkin masih ada bentuknya, tapi paradigma yang kita
> anut sekarang berubah kan? Perempuan juga manusiaaa, bukan ternak
> atau kepemilikan. Kita kan selalu sebut2 Nabi mengangkat derajat
> perempuan, berarti blio sudah merubah paradigmanya.

rsa:
Kalo mau jujur bu Mia, yang jadi sapi perah (dan ini bukan saya
menyamakan!) bukan terbatas pd perempuan. Bingung saya kalo
sedemikian mudah melihat diskriminasi hanya pada gender tapi tidak
sec manusia keseluruhan. Artinya ketika ada tindak kezaliman pada
MANUSIA, tentu semau unsur manusia itu kena. Jadi tidak bisa parsial
penangannnya.

Terima kasih buat komentar anda soal saya ... untuk ke selian kali.
Freudian slip?

salam,
satriyo

PS: maaf telat menanggapi. teringat bahasan ini karena ada
yang 'tersinggung' mengira saya menyamakan pere dengan ternak .. ;-]

> [...]
> Quranic.  Dan ini menembus waktu, tempat, budaya yang BENTUKNYA
> berbeda, sama2 bagus atau jelek, tapi bisa dipahami dengan
> pengalaman Quranic yang menembus batas itu.
>
> Untuk teman2 lain, saya nggak pingin terkesan 'menghakimi' masa
> lalu. Masa jahiliyyah merupakan masa transisi sebelum mekarnya
> peradaban Islam, dimana salah satu paradigma yang diubah nabi
adalah
> status perempuan, sebagai bagian dari masyarakat yang maunya maju.
> Tapi diskusi dengan Satriyo emang mesti sediakan cukup waktu...:-)

mengamalkan