Merantau mencari makan ke negeri orang bukanlah pekerjaan yang tercela
bahkan pelakunya harus diacungi jempol. Mereka itu pejuang, manusia
tegar dan gigih, tidak nrimo saja pasrah menyerah pada nasib. Apalagi
kalau perempuan. Saya salut pada orang-orang seperti itu.

Terlepas dari rasa setiakawan pada saudara sebangsa, yang dipersoalkan
disini adalah azas peri kemanusiaan dan peri keadilan. Dan kejadian
yang mirip bukan hanya sekali dua, tetapi sudah menjadi pola. Mungkin
di bawah permukaan ada ratusan atau ribuan yang tidak terpantau oleh
media. Yang akhirnya dicambuk sampai punggungnya hancur, dianiaya lalu
di-deportasi tanpa dibayar gaji, ya si TKW malang. Bahkan pulangnya
ada yang sakit jiwa lalu mati penasaran. Si pelaku Arab-nya
lenggang-kangkung senyum-senyum terlepas dari hukuman. Sangat
sewenang-wenang dan tidak adil. Dan ini apa ini alasannya? Santet?
Orang boleh dibinasakan hanya karena kecurigaan mempraktekkan santet?
Mirip zaman inquisisi di Spanyol pada abad pertengahan. Berjangkit
penyakit sampar, dituduh kerjaan santet.

Boleh saja anjing menggonggong kafilah berlalu seperti kata anda,
kalau yang menggonggong hanya satu-dua (barangkali anjing-anjing
lainnya adalah anjing si kafilah, mana mereka mau menggonggong
tuan-nya). Tetapi kalau anjing yang menggonggong banyak dan
bersahut-sahutan terus-menerus tak henti-hentinya, saya tidak percaya
si kafilah akan bisa melanjutkan perjalanan dengan unta-untanya dengan
 tenang seperti tak terjadi apa-apa. Malah saya yakin dia bisa senewen
sehingga tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba saja mengamuk menampar
isterinya.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, erul satra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum sahabat2 ku seiman..
>   Misi Mas dan mbak2..Ikutan numpahin unek2...
>
>   Saya yang kerja di negara tentangga KSA hampir 9 tahun justu sedih
melihat diri saya, komentator di milis ini, dan organisasi2 yang suka
di pojokin...(moga ga salah bahasanya) of course termasuk semua
saudara kita yang bernasib kurang baik hingga mesti cari rizki ke luar
negri..dan di perlakukan ga wajar..

>   klo saya perhatikan KSA, UAE, QATAR, Bahrain dll-yang kebetulan
saya pernah singgah-penyerap tenaga kerja kerja Indonesia mungkin gak
begitu concern ma apa2 yang terjadi..seperti anjing melong2 kafilah
berlalu...karena Kafilah punya banyak bekal/banyak uang dan serba
banyak..sementara Anjing2nya kelaparan..dan sebagian anjing tak kenal
kenyang pula...ada juga yang hobby melong-long...kadang bikin
bising...dan bikin merah kuping..lho..lho..lho..kok ngelantur...maaf...
>   semoga yang bukan anjing ga tersinggung..ehm.
>
>   Jadi pingin ngayal...kapan ya negara kita jadi seperti negara2
mereka..dan apa ya effort yang dapat kita2 sumbangkan untuk bisa
seperti mereka atau at least ga usah kirim TKI/TKW ke negara
orang???karena sepertinya klo kita tetap stay poor sebagai
bangsa..peristiwa semacam akan hanya on going story...bo ya mereka ga
butuh2 amat ma orang kita (TKW Philipin jauh lebih baik) dan ga sering
bikin ulah...

>   Hanya Alloh yang tahu sebaik apa diri kita, bangsa kita, TKI & TKW
dan bangsa orang yang sering kita anggap kurang baik...

>   Walaupun kata pak Zainudin MZ hubbul wattan minal iman..ada
beberapa teman yg setuju dgn saya klo di Indonesia tuh serba
sumpek...apa2 susah, mahal, tatapan orang di terminal begitu aneh..ya
Allah..bangsa ku...kadang malas pulang katanya..moga2 aja kami2 ga
disebut Kacang Lupa Kulitnya...oleh para tukang kacang..he..he..

>   Hanya doa buat diri sendiri, orang2 seiman dan senasib..moga Allah
tuhan ku dan tuhan kamu2..jaga kita semua..dan perkaya hati kita..dan
jadikan bangsa kita lebih baik.. dijauhkan kita semua dari fitnah
orang2 yang menginginkan kerusakan pada agama kita...Fitnah mereka2
yang menukar kebenaran dari tuhanya dengan harga yang murah..fitnah
orang2 yang berhati keji...Allahumma Amien...