ass..mba Rina
setahu saya, memang dianjurkan untuk mengucapkan kalimat syahadat saat detik2
sakarotul maut...karena pada saat itulah, salah satu jalan setan menjerumuskan
kita untuk jauh dari ALLAH...
ingat mba' rina, setiap detik kita selalu berdzikir dan bertasbih...tanpa
terkecuali disaat-saat sakaratul maut
saya pernah dengar dan baca sebuah cerita, yg pasti bukan dongeng... bahwa,
disaat2 sakaratul maut...setan datang dalam berbagai rupa (menyerupai wajah
org2 yg dicintai dan dekat)..setan itu berusaha mengajak berbicara dan
mengajaknya berjalan2 hingga yg didengar olehnya adalah suara bisikan2 si setan
itu...

saya belum memiliki byk ilmu agama beserta hadis2 untuk menerangkan itu
semua...mudah2an teman2 yg lain bisa mengklarifikasi dan menambahkan

wass.