080116

Keikhlasan untuk menyelamatkan diri.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Allah SWT telah berpesan:

MAKA HADAPKANLAH WAJAHMU DENGAN LURUS KEPADA AGAMA (ALLAH),(TETAPLAH) ATAS
FITRAH ALLAH YANG TELAH MENCIPTAKAN MANUSIA MENURUT FITRAH ITU; TIDAK ADA
PERUBAHAN PADA FITRAH ALLAH ... (Surah ar-Rum [30] ayat 30)

Jika kita perhatikan firman Allah di atas mudah bagi kita untuk memahami
bahwa pada dasarnya manusia cenderung ke kebaikan. Namun nyatanya tidak
sedikit manusia yang kemudian salah langkah, yang justru melakukan
tindakan-tindakan yang menyalahi norma kemanusiaan, norma agama. Mereka itu
justru melakukan hal-hal yang secara kasar dapat disebut mengikuti jalan
Iblis. Langkah-langkah salah itu pada hakikatnya merupakan salah satu
keberhasilan Iblis yang telah bersumpah untuk menyesatkan manusia terkait
dengan izin penangguhan hukuman Allah atas kesalahannya, yang menolak
perintah Allah untuk sujud kepada Adam.

IBLIS BERKATA: "YA TUHANKU, OLEH SEBAB ENGKAU TELAH MEMUTUSKAN BAHWA AKU
SESAT, PASTI AKU AKAN MENJADIKAN MEREKA (MANUSIA) MEMANDANG BAIK (ATAS
PERBUATAN MAKSIAT) DI MUKA BUMI, DAN PASTI AKU AKAN MENYESATKAN MEREKA
SEMUANYA" (Surah al-Hijjr [15] ayat 39)

Apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan diri dari upaya-upaya
penyesatan Iblis itu? Sebenarnya Iblis juga sudah membuka rahasia kelemahan
dirinya yang termaktub dalam ayat berikutnya:

"KECUALI HAMBA-HAMBA ENGKAU YANG MUKHLIS DI ANTARA MEREKA". (Surah al-Hijjr
[15] ayat 40)

Semoga kita semua dapat terselamatkan dengan menjaga diri dengan tetap penuh
keikhlasan kepada Allah dalam beramal.

Wa l-Lahu a'lamu bi sh-shawwab

SAW. = shalla 'l-Lahu 'alaihi wa sallam

       Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan padanya (Nabi
Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-'ala

       Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya.

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software
sederhana: "Indeks Terjemah Qur'an" (2,5 Mb).

Assalamu 'alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini langsung ataupun dengan mengajak bergabung di
URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah. Jika Anda punya ataupun
ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,

H.R.M. Tauhid-al-Amien, dr., MSc., DipHPEd., AIF

                        e-mail: [EMAIL PROTECTED]

Jl. Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

Telp. (031)-841-7486, +6281-652-7486 Fax +6281-652-0904

Kirim email ke