apakah benar (semua) hadits itu dari Rasulullah?
pada kenyataannya kitab2 hadits itu disusun ratusan tahun setelah
Rasulullah wafat ...
di mana selama masa itu terjadi banyak pertumpahan darah antar
sahabat, konflik kepentingan antar penguasa yang sama-sama mengaku
muslim ...
apakah kita bisa percaya bahwa semua orang akan meriwayatkan yang
benar dari Nabi?
sementara Nabi sendiri melarang penulisan segala ucapan beliau kecuali Al Quran
dan Allah sendiri hanya menjamin kebenaran Al Quran dan bukan hadits ...
maka wajar kalau kita perlu mengkaji kebenaran suatu hadits, bahkan
jikalau hadits itu dinyatakan shahih sekalipun
karena penggolongan hadist menjadi shahih atau tidak pada dasarnya
adalah penggolongan yang diciptakan oleh manusia, bukan dari Allah SWT

wassalam,
--
wikan

2008/1/23 zainah hilwa <[EMAIL PROTECTED]>:

> Assalamu'alaikum warahmatullah wabarokatuh
>
>  Allahumasholli 'ala sayidina Muhammad
>
>  Maaf, dengan pengetahuan saya yang sangat terbatas ini, saya ingin
>  berkomentar. saya tidak setuju jika anda mengatakan Islam adalah filosofi.
>  Islam itu Deen.. cara hidup (selama 24 jam setiap hari, setiap detiknya)
>  yang diridhai Allah, yang menuntun kita pada keselamatan dunia dan akhirat.
>  jadi bukan filosofi....
>
>  Karena Al-Qur'an yang merupakan Kalamullah datangnya dari sang Maha
> Pencipta
>  segalanya (termasuk ilmu dan alam) makanya g ada yang bertentangan sama
> [...]

Kirim email ke