Kalo saya boleh saran, Moderator, alangkah baiknya tanggapan yang berkutat
seputar Ahmadiyah, Mahdi, al-Masih dan semacamnya itu diarahkan agar tidak
menjadi OOT atau debat kusir. Misalnya dengan cara tiap peserta memberikan
dalil yang mengacu pada pendapat yang shahih sesuai keyakinan masing-masing,
baik itu dari online reference atau hardcopy, dan tidak melulu dari syahwat
debat saja yang hampir sering malah tidak menyentuh topik tapi ke karakter
sesama peserta debat. Malah jika bisa ada pihak yang bersedia menjadi
narasumber, baik langsung atau tidak untuk menjadi rujukan dalam diskusi
ini.

Tapi semua kembali ke Moderator, yang punya otoritas dan tahu benar peta
medan di milis ini. Saya hanya berharap agar milis ini bisa mencerdaskan
anggotanya tanpa terlibat dalam debat kusir dan debat berdasar syahwat debat
saja, ingin menangnya sendiri tanpa peduli apakah opininya itu berlandaskan
pada pijakan yang kukuh atau 'silat lidah' ... sehingga tradisi debat ilmu
menjadi keniscayaan yang mendewasakan dan mencerdaskan ... ke depan,
insyaallah ...

Maaf jika tidak berkenan ...

salam,
satriyo

--
Sesungguhnya, hanya dengan mengingat Allah, hati akan tenang