Di industri ayam potong yang besar (yang telah bersertifikat halal dari
MUI), menurut cerita teman yang bekerja di sana, ayam disetrum sampai
pingsan, lalu setelah pingsan disiram air panas, lalu dibului, setelah
bulu bersih baru kepala ayam dipotong. Dan di ujung pemotongan kepala
ayam itu ada orang khusus yang "mendoakan". Kalau si orang tersebut
tidak datang, maka mereka tidak berani memproses pemotongan ayam
tersebut, karena kalau orang itu tidak datang, maka daging ayam yang
mereka jual jadinya tidak halal lagi.

Tapi yang bikin saya ngilu2 tuh justru diproses sebelum pemotongan ayam
itu. Disetrum trus disiram air panas trus dicabuti bulunya. Kalau udah
disetrum pingsan gitu, memang ga berasa sakit ya disetrum lalu bulunya
dicabutin? . Dan apakah daging ayam itu halal? Menurut versi MUI ya
sudah halal karena kan ayamnya disembelih dalam keadaan pingsan eh
hidup, trus ada yang menyebut-nyebut nama Allah lagi. Kalo menurut saya
mungkin itu halal, tapi kejam. Tapi ya kejam kan subyektif ya? Kejam
buat saya belum tentu kejam buat orang lain ...

Belum lagi katanya kalo ada quality control ke anak2 ayam yang baru
menetas. Kalo ada anak ayam yang terlihat kurang sehat, langsung diambil
dan ditewaskan di tempat kejadian. Biasanya dengan mematahkan lehernya.
So hanya ayam yang sehat saja yang berhak hidup selama 14 minggu untuk
kemudian diakhiri hidupnya dengan cara yang dramatis (buat saya, buat yg
kerja di industri ayam potong itu pasti langsung komen, "Biasa aja deh,
mbak").

Kalo gitu rasanya ga ada bedanya ayam dengan tanaman hias di rumah saya.
Kliatan ada yang sakit, langsung saya tumpas di tempat, daripada
menularkan ke rekan-rekan sesama tanaman hias lainnya...

Fer!

Kirim email ke