KISAH SEORANG PEREMPUAN DARI TODDOPOLI

  almanak tembok terus-terang memberiku tahu
  berapa lama sudah aku di negeri orang bermukim di gunung ini
  berapa lama aku sudah  terpisah dari perempuan kusayang
  dari pepohonan taman luxembourg  daunnya merontok dan merimbun
  aku pun paham mengapa kenangan hamilkan rindu

  pulang jadinya suatu kata gaib menyihir hasrat dari saat ke saat
  menggalaukan siang-malam segemuruh riam di hulu
  memandang ke belakang mengapa aku tiba di jalan kembara
  nampak pada almanak betapa di tanggal, bulan dan tahun  saat itu
  rambu-rambu jalan bertukar. tak sedikit orang-orang hilang dan sesat

  kesesatan pun makin terlanjur
  tanahair porakporanda
  cintaku pun demikian
  dan kau kekasih
  jadi terlonta

  yang pasti mengembarai tahun demi tahun
  aku masih setia mencintaimu
  yang pasti di catatan almanak tak tertera tanda ingkar
  kau pun masih seperti dahulu
  gagah berlaga menolak kalah apalagi tergertak
  -- "di sini aku masih bisa memberimu anak bernama asa"
  demikian tulismu di sepucuk surat baru tiba berbulan perjalanan

  perempuan dan lelaki bisa sama gagah sama setia
  perempuan dan lelaki bisa sama  jahat dan khianat
  perempuan dan lelaki bisa sama pahlawannya
  perempuan dan lelaki bisa sama banditnya

  kau manis, membanggakan memang
  kau manis, masih tegar menjaga kemurnian nilai
  maka negeri ini masih bisa jadi tempat berharap
  maka bulan dan matahari masih saja ada di langit siang dan malam
  cinta pun tak terkubur pembinasaan

  di sini di negeri orang aku menghitung lama kembara
  dari almanak tembok dan rimbun daun
  jauh di toddopoli kau hitung
  jumlah rindu pada pergantian bulan dan matahari
  kau catat diam-diam pada batang mangga di halaman
  "batang mangga sejarah kita" kau bilang

  2008
  ------
  JJ. Kusni