2008/6/5 Ahmad Badrudduja <[EMAIL PROTECTED]>:
> Assalamu 'alaikum,
> Kontroversi soal Ahmadiyah memang tak bisa diselesaikan kalau pemerintah tak
> segera mengambil langkah tegas dengan menerbitkan SKB. Dalam SKB itu sudah
> seharusnya ditegaskan bahwa Ahmadiyah memiliki hak hidup yang sah di negeri
> Indonesia sesuai dengan asas kebebasan beragama dan keyakinan yang dilindungi
> oleh konstitusi.

Bahwa harus ada kepastian hukum tentang masalah Ahmadiyah ini, saya setuju.
Tapi apakah Pemerintah (lembaga eksekutif) yang memberi keputusan?
Konstitusi jelas menyebutkan kebebasan beragama,
dan yang paling berhak menafsirkan konstitusi adalah lembaga yudikatif.
Jadi, menurut yang saya pahami, ada kesalahan proses dalam masalah ini.

Kalau misalnya ada yang menuduh "penodaan agama," mestinya menuntut ke
pengadilan, meminta keputusan pengadilan untuk menilai dakwaan
tersebut. Pemerintah/Eksekutif yang menjalankan keputusan.

Lagian SKB (Keputusan Menteri) itu levelnya kan jauh di bawah untuk
suatu hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak (baik yang merasa
agamanya dinodai atau yang merasa kebebasan beragamanya diberangus).

Kalau benar SKB nanti keluar (apapun isinya), sebaiknya "digugat" ke
tingkat selanjutnya:
pengadilan, mahkamah agung dan mahkamah konstitusi, untuk lebih
menjamin kepastian hukum di negeri ini. Barangkali akan memakan waktu
lama, dan entah apa lagi yang bakal terjadi, tapi di situlah tugas
pihak keamanan.

salam,
DWS