----- Pesan Asli ----
Dari: "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>
Kepada: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]; wanita-muslimah@yahoogroups.com;
[EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Terkirim: Selasa, 1 Juli, 2008 16:15:22
Topik: [wanita-muslimah] Konsumsi Ikan Saat Hamil, Hindari Merkuri

Konsumsi Ikan Saat Hamil, Hindari Merkuri
Oleh Dr. JOHN GRIFFA - Special to Epoch Times

(Erabaru.or. id) - Banyak di antara Anda mestinya menaruh perhatian bahwa
informasi nutrisi dan himbauan terkadang bertentangan, dan karenanya hal
itu sangat membingungkan. Saya biasanya menyebutkan di setiap awal
pembicaraan kita. Salah satu contoh yang sering saya sebutkan adalah
rekomendasi umum untuk mengonsumsi makanan rendah lemak, diet makanan
tinggi karbohidrat, walaupun sebaliknya ada beberapa perdebatan mengenai
diet rendah karbohidrat (dan mungkin tinggi lemak).

Contoh lain yang sering saya sarankan pada wanita adalah mengonsumsi ikan
berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 selama masa kehamilan sehingga
baik bagi perkembangan otak janin. Sebaliknya sebagian orang mengingatkan
kita untuk berhati-hati dengan ikan di masa kehamilan karena ikan dapat
terkontaminasi merkuri yang dapat meracuni otak.

Para ilmuwan di Harvard Medical School dan Harvard School for Public
Health baru-baru ini mempublikasikan sebuah studi yang menafsirkan
hubungan antara makan ikan dan kadar merkuri selama masa kehamilan dan
pengaruhnya bagi otak sang anak yang dilahirkan dari kehamilan tersebut.

Para ilmuwan yang melakukan studi ini membuat tafsiran terhadap asupan
ikan dari 341 wanita selama pertengahan tiga bulan masa kehamilannya.
Mereka juga mengukur tekanan darah kelompok wanita ini. Anak yang
dilahirkan oleh para wanita tersebut diuji pada usianya yang ketiga tahun
dengan melakukan tes perbendaharaan kata (vocabulary) dan kemampuan gerak
visual (visual motor ability).

Inilah hasil yang mereka temukan:

Dengan kata lain, studi ini menyimpulkan bahwa perkembangan otak janin
mungkin ikut terbantu dengan mengkonsumsi ikan, tetapi untuk hasil yang
terbaik, wanita seharusnya menghidari mengonsumsi ikan yang terkontaminasi
merkuri. Berbekal pengetahuan ini, saya pikir wanita mempunyai posisi yang
lebih baik untuk memutuskan apakah mereka ingin makan ikan atau tidak
selama masa kehamilannya, dan jika demikian, ikan yang bagaimanakah yang
memiliki rasio “manfaat atau resiko” terbaik untuk dikonsumsi.