Setelah dibaca-baca,
ternyata tidak ada yang "istimewa,"
karena ciri-ciri wanita solehah sama dengan tuntutan untuk laki-laki soleh.
Lha iya tho, laki-laki maupun perempuan kudu taat kepada Allah dan Rasul.
Kalo dirinci pun:
> - Mencintai Allah s.w.t. dan Rasulullah s.a.w. melebihi dari segala-
> galanya.
> - Wajib menutup aurat
> - Tidak berhias dan berperangai seperti wanita jahiliah
> - Tidak bermusafir atau bersama dengan lelaki dewasa kecuali ada
> bersamanya
> - Sering membantu lelaki dalam perkara kebenaran, kebajikan dan
> taqwa
> - Berbuat baik kepada ibu & bapa
> - Sentiasa bersedekah baik dalam keadaan susah ataupun senang
> - Tidak berkhalwat dengan lelaki dewasa
> - Bersikap baik terhadap tetangga

Ngga beda toh? Tinggal tukar tempat perempuan dan laki-laki.
Emang boleh gitu suami berkhalwat dengan laki-laki dewasa? :))
Apalagi dengan perempuan lain, dewasa maupun anak-anak.
Suami jelas wajib menutup aurat dan tidak boleh berhias seperti wanita. ^_^

Nah poin kedua, tinggal membetulkan redaksinya saja.
Kata "taat" bisa bikin "spaneng," apalagi didahului
dengan tuntunan taat kepada Allah dan Rasul,
maka perlu definisi "taat" yang berimbang dalam relasi suami-istri.
Emang suami soleh tidak wajib "taat" kepada istri?

Kita lihat lagi poin-poinnya:
> 2. Taat kepada suami
> - Memelihara kewajipan terhadap suami
> - Sentiasa menyenangkan suami
> - Menjaga kehormatan diri dan harta suaminya selama suami tiada di
> rumah.
> - Tidak cemberut di hadapan suami.
> - Tidak menolak ajakan suami untuk tidur
> - Tidak keluar tanpa izin suami.
> - Tidak meninggikan suara melebihi suara suami
> - Tidak membantah suaminya dalam kebenaran
> - Tidak menerima tamu yang dibenci suaminya.
> - Sentiasa memelihara diri, kebersihan fisik & kecantikannya serta
> rumah tangga

Kalau istri dan suami ditukar, apa ada yang aneh?
Suami soleh kan tidak cemberut, keluyuran seenaknya,
tidak sekedar ngajak tidur tapi juga punya stamina prima,
mandi dan dandan, menyenangkan istri, menjaga kehormatan.

Jadi, ngga beda toh istri solehah dan suami soleh?

Tapi lumayan sih, kalo bikin buku bisa jadi dua,
nulis pakai Word tinggal pakai fasilitas "Find and Replace."

salim,