bener mbak herni
soal pemberian makanan padat pada bayi di milis kesehatan saja bisa eyel2-an
antara pendukung tradisi dengan yang berdasar anjuran medis
kalau menurut anjuran medis dari WHO, pemberian makanan padat kepada
bayi dilakukan setelah bayi berumur 6 bulan, dengan berbagai
pertimbangan antara lain kemampuan pencernaan anak yang belum bagus
sebelum usia 6 bulan

kubu yang satunya membantah, ah gak papa kok anak dikasih makanan
padat kurang dari 6 bulan ... anaknya saja dikasih makan pisang umur 4
bulan hidup kok, terus ibunya ngasih dia makan pisang 3 bulan juga
baik2 saja kok ...

anjuran medis diberikan bukan berdasarkan pengalaman satu atau
beberapa orang saja, tapi melihat dari segala aspek dan segi ... gak
bisa satu pengalaman menjadi justifikasi bahwa itu baik untuk orang
lain. kalaupun misalnya ada yang dikasih makanan padat umur kurang 6
bulan baik2 saja, ya alhamdulillah ... tapi bukan berarti aman. Ada
yang juga mendapat kegawatan gara2 dikasih makanan padat kurang dari 6
bulan.

wikan

On 8/6/08, h.s nurbayanti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Santai aja, mbak...
>  Menurut saya sih gpp kalau mau melihat persoalan kurma buat bayi prematur
>  dari segi ilmiah dan melihat konteks dulu dan kini.
>  Persoalan pakai otak dng menggunakan otak sampai kebablasan kan harus
>  dicermati dng teliti.
>  Menurut saya sih, mas wikan belum menggunakan otak sampe kebablasan :-)
>
>  Intinya kan, konteksnya waktu dulu pake kurma karena kedokteran gak
>  secanggih sekarang.
>  Dulu itu mungkin karena kurma manis.. ada gulanya.
>  Mas wikan kan cuma menjelaskan konteks saat ini soal penanganan bayi
> [...]

Kirim email ke