Saya bilang spekulasi tanpa pengetahuan sedikitpun. Coba bandingkan:
- polisi, jaksa hakim sudah bekerja dan mengadili
- kemauan politik menangkapin teroris ada di Pemerintah kita
- organisasi besar Muhammadiyah, NU misalnya nggak ada yang protes
- CNN, SCTV, Jawa Pos wawancara.
- para pelaku Amrozi dkk mengaku malah menulis buku. 2 orang
menyesali, 3 orang malah mau ngebom lagi katanya.

Mba Lina, kolega saya dan sebagian kita lainnya berspekulasi tanpa
pengetahuan dan bukti sedikitpun, yang begini di Quran disebut zhan.
Bukan prilaku Islami.

Tapi tentu saja kita boleh berandai-andai (dengan bijak dan
pengetahuan), karena pengandaian membawa kita ke kemajuan, membuka
imajinasi dan horison baru. Inilah kemampuan manusia yang unik. Quran
mengajarkan kita lewat perumpamaan. Perhatikan itu dengan sabar.

Karena itu saya mengajak mba Lina dan sebagian kita berandai, paling
tidak sebentar saja: katakanlah Amrozi dkk itu memang pengebomnya,
bisakah kita menerima bahwa segelintir orang Islam memang pengebom?
Apa rasanya?  Gimana? Silakan di-sharing.

salam
Mia

PS
Lina: "Mbak Mia ini aneh. Suruh stop mikir ttg Amrozi, tapi mesti
mikir Amrozi kalo mrk masih buron. Wealaah kirain suruh mikirin Keanu
Reeves, gitu!"

Mia: Baru nonton matrix lagi yah...:-),  lha iyalah kalo Amrozi dkk
pelaku bom Bali masih buron, ya kita semua kepikiran donks! namanya
teroris masih berkeliaran.  Kalo sudah dipenjara, rada aman juga kan?
tinggal mikirin para sipir penjara yang bisa disogok. KPK kan blum
pada ke sana..konon katanya antrean death penalty panjang, tapi
ditunda2 karena sipir bisa dibeli, yang namanya di Indonesia kan bisa
diatur, apalagi di penjaranya...:-(

Amrozi di penjara, apalagi sesudah mati, hanyalah setitik debu,
sesuai yang dia bilang sendiri tentang dirinya.  Jadi tentu saja kita
nggak mikirin dia, wong udah di penjara. Tapi ada yang kita pikirkan
untuk kita bersama, yaitu petik hikmah (lesson learned), bisakah kita
menerima kenyataan bahwa segelintir orang Islam memang pengebom
orang2 yang tidak bersalah?

=============

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Lah kan Mbak Mia tanya "politiknya dimana?" ?

pengetahuan

> Lina:
> Emang mbak Mia haqul yaqin Amrozi yang ngebom? Kalo saya seh kalo
saya
> haqul yaqin Amrozi yg ngebom, kan saya dah bilang eksekusi aja. Gak
> perlu di rasa-rasa pake perasaan. Kalo saya gak yaqin, gile aje
> ngebunuh orang. Itu yang ditakuti para polisi, hakim dan aparat
hukum
> kali ya? Mereka gak yaqin! ato mereka tau emang bukan Amrozi dkk.
Ato
> [...]
Amrozi
> kalo mrk masih buron. Wealaah kirain suruh mikirin Keanu Reeves,

Kirim email ke