Serpihan Sejarah Th65 yang Terlupakan Oleh Prof. Dr. W.F. Wertheim

Para hadirin yang terhormat!
Saya
minta ijin untuk, sebelum mencoba memberi analisa tentang peristiwa
1965, lebih dahulu menceritakan bagaimana terjadinya bahwa saya,
walaupun mata pelajaran saya sosiologi, lama kelamaan mulai merasa diri
sebagai pembaca suatu detective story yang cari pemecahan suatu
teka-teki.
Dalam
tahun 1957 saya bersama isteri saya mengajar sebagai guru besar tamu di
Bogor. Saya pernah bertemu dengan ketua PKI Aidit dan beberapa tokoh
lain dalam pimpinan partai. Aidit menceritakan tentang kunjungannya ke
RRC, baru itu; dari orang lain saya dengar bahwa Mao Zedong bertanya
pada Aidit: “Kapan kamu akan mundur ke daerah pedesaan?” Ucapan itu
saya masih ingat waktu dalam tahun 1964 saya terima kunjungan di
Amsterdam dari tokoh terkemuka lain dari PKI, Nyoto, yang pada waktu
itu ada di Eropa untuk menghadiri suatu konperensi di Helsinki. Saya
mengingatkannya bahwa keadaan di Indonesia pada saat itu mirip
sekadarnya kepada keadaan di Tiongkok dalam tahun 1927, sebelum kup
Ciang Kaisyek. Pendapat saya ialah bahwa ada bahaya besar bahwa militer
di Indonesia juga akan merebut kekuasaan. Saya anjurkan dengan keras
supaya golongan kiri di Indonesia ....

Selanjutnya, silahkan click:
http://www.progind.net/modules/smartsection/item.php?itemid=376

Last published articles: click:
http://www.progind.net/modules/smartsection/index.php

Here is a list of the Last published articles.

Title:
Njoto: Politik Itu Penting Sekali. Jika Kita ...

Kisah Tutur Penguak Kebenaran

Serpihan Sejarah Th65 yang Terlupakan Oleh Prof. Dr. W.F. Wertheim

G30S: INDAHNYA BEGAWAN POLITIK SOEHARTO MENIPU BANGSANYA!

Oktober 1965: Ramai-ramai Menggadai Kedaulatan Politik ...

Untung, Seorang Penculik atau Boneka Komunis?

Pelurusan Sejarah, Mungkinkah? oleh F Pascaries

Satire Politik Indonesia

Information about KUDETA 65/ Coup d'etat '65, click: http://www.progind.net/
http://geocities.com/lembaga_sastrapembebasan/

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]

This mailing list has a special spell casted to reject any attachment
....Yahoo! Groups Links

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: