From: Sunny <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [wanita-muslimah] 2 Bos Copet Ditembak Mati
To: [EMAIL PROTECTED]
Date: Monday, November 10, 2008, 2:48 PM

Refleksi: Berapa besar hasil copetan dibandingkan dengan hasil korupsi? Kalau
para koruptor juga ditembak mati, apakah wajar?

http://www.poskota. co.id/news_ baca.asp? id=47132& ik=2

2 Bos Copet Ditembak Mati

Minggu 9 November 2008, Jam: 8:35:00

TANGERANG (Pos Kota) -Komplotan copet yang beroperasi di mal-mal dengan
memanfaatkan janda dan wanita hamil sebagai pengecoh, digulung Polres Kabupaten
Tangerang, Jumat (7/11) malam.

Dua anggota sindikat tewas ditembak, empat lainnya kini meringkuk di tahanan
polisi. Satu dari dua wanita anggota komplotan copet itu sedang hamil 9 bulan.

Diringkusnya komplotan copet yang sudah lama diresahkan masyarakat ini bermula
dari operasi kejahatan jalanan yang dilakukan petugas Polres Kabupaten
Tangerang.

Pada Jumat malam itu petugas unit reaksi cepat (URC) melakukan penyisiran di
Mal ITC Serpong di Jalan Raya Serpong, Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong,
Kabupaten Tangerang.

Saat itulah anggota yang dipimpin Aipda Syahrul Zaman memergoki Duvan Evani
alias Fani, 38, dan Robian Fadli, 25, mencuri dompet The Lian Mey, 45.

BERTUGAS KECOH KORBAN
Dalam aksinya kedua pelaku dibantu dua wanita yang mengajak ngobrol korban
untuk mengecoh perhatian. Erna, 27, dan Uswatun Hasanah, 27, dua wanita itu pun
ikut dicokok.

Petugas kemudian membawa Fani dan Robian untuk menunjukkan teman mereka. Polisi
kemudian membekuk Carsono,28, warga Bulak Kapal, Bekasi, dan Adi,17, warga
Bantargebang, Bekasi.

Namun Fani dan Robian, bos dan pentolan sindikat yang sudah puluhan kali
beraksi di pusat perbelanjaan ini melawan petugas ketika akan dimasukkan ke
dalam mobil.

Tak mau kehilangan tangkapannya, petugas melepaskan tembakan ke udara. Namun
peringatan aparat tak digubris, sehingga terpaksa petugas melumpuhkan keduanya.

Robian dan Fani, ambruk setelah peluru petugas menembus punggung mereka.
Petugas melarikan mereka ke rumah sakit namun nyawa keduanya tak tertolong
lagi. Jasad Robian dan Fani dibawa petugas ke kamar mayat RSU Tangerang.

Dihadapan petugas, Ernawati,27, warga Kampung Narogong Selapajang, Bekasi,
mengaku baru tiga minggu ikut komplotan ini. Setiap beraksi, janda dua anak ini
bersama Uswatun yang hamil 9 bulan, bertugas mengecoh korbannya.

HASIL DIBAGI RATA
Dalam satu minggu, komplotan ini beraksi dua kali. Sasaran mereka adalah pusat
perbelanjaan di Tangerang dan Bekasi. Dengan mengunakan mobil sewaan, komplotan
ini berpindah dari mal satu ke mal lain.

Kasat Reskrim Polres Kabupaten Tangerang, AKP Dewa Wijaya, menjelaskan
komplotan pencopet yang kerap beraksi di dalam pusat perbelanjaan ini memang
sudah menjadi target operasi.

BUTUH BIAYA BUAT MELAHIRKAN
USWATUN Hasanah, 27, hanya busa terdiam dan wajahnya tertunduk lesu saat
menjalani pemeriksaan di Polres Kabupaten Tangerang.

Warga Narogong Selapajang, Bekasi, ini mengaku terpaksa ikut dalam komplotan
pencopet lantaran terdesak kebutuhan ekonomi.

Sesekali wanita asal Pemalang, Jawa Tengah, ini mengelus perutnya yang sudah
membesar karena usia kehamilannya telah memasuki bulan ke-9.

Kepada Pos Kota, Uswatun menuturkan tentang awal keterlibatannya dalam
komplotan pencopet yang dipimpin Fani. Selama tiga tahun ditinggal mendiang
suaminya, kebutuhan ekonomi Uswatun jadi tak menentu. Padahal ia harus
menghidupi Ian, 8, dan Apin, 7, kedua anaknya.

Ia mengaku sempat bekerja di sebuah pabrik di Cikarang. Namun ia diberhentikan
karena di perusahaan tersebut terjadi pengurangan tenaga kerja.

Saat menganggur, ia bertemu Udin. Keduanya lalu berpacaran hingga wanita ini
hamil. "Tapi bukannya menikahi saya, dia malah minggat," ungkap Uswatun.

BERTEKAD BESARKAN ANAK
Lantaran didera stress, Uswatun sempat patah semangat untuk menjalani hidup..
Meski begitu, ia tak mau menggugurkan kandungannya. "Saya tidak mau dosa saya
makin banyak. Bagaimana pun caranya , saya akan membesarkan anak-anak saya,"
ungkapnya sedih.

Untuk mencari biaya, tiga minggu lalu Uswatun bertemu dengan Duvian Evani alias
Fani, pentolan komplotan copet. Saat itu Fani mengajaknya jalan-jalan ke sebuah
pusat perbelanjaan di Bekasi.

Uswatun yang tidak tahu jika Fani seorang pencopet yang sudah menjadi target
operasi polisi, tak curiga. Ia baru mengetahuinya setelah keluar dari pusat
perbelanjaan tersebut. "Saya saat itu diberi uang Rp100 ribu. Saya akhirnya
baru tahu jika uang itu hasil dari mencopet," ujar wanita tersebut.

Wanita itu pun kemudian diajak bergabung dalam komplotan copet itu bersama
Ernawati, Robian Fadli, Carsono dan Adi. "Saya terpaksa ikut membantu Fani
karena butuh uang untuk biaya persalinan," ungkapnya.

HANYA busA PASRAH
Kini Uswatun hanya busa pasrah saat pintu sel penjara menantinya. Ia tidak
peduli berapa lama ia akan ditahan. Yang dipikirkannya hanyalah nasib anak dan
jabang bayi dalam kandungannya. "Saya hanya memikirkan masa depan anak-anak
saya nanti," ungkap Uswatun penuh sesal.

Di usia kandungan yang tinggal menghitung hari, Uswatun merasakan kepedihan
yang paling dalam. Pasalnya ia akan melahirkan anak ketiganya tersebut di balik
jeruji besi. "Saya tidak akan memberikan anak saya ke orang lain. saya tetap
akan merawat anak saya ini, meski di dalam penjara," ungkapnya.

(C3/ok)@