yang lebih tepat, dalam metode ilmiah mungkin :1. berangkat dari
ketidaktahuan.2. berangkat dari keraguan terhadap teori terdahulu

kalau berangkat dari ketidaktahuan, biasanya larinya ke penelitian
kualitatif deskriptif, seperti banyak dilakukan dalam ilmu hukum, sosial dan
agama.

sedangkan kalau berangkat dari hipotesis berupa, tidak diketahui
hubungannya/pengaruhnya (terutama kalau  ada beberapa penelitian yang
mendukung sekaligus ada beberapa riset lain yang menolak),
berhubungan/berpengaruh positif, berhubungan/berpengaruh negatif, maka
penelitian kuantitatif yang mencari pembuktian secara empiris, akan
mendasarkan dirinya pada keraguan.  kan sifatnya memang gabungan dua madzab,
logika dan empirisme.

logika dijabarkan dalam diskusi kualitatif berkaitan teori dan penelitian
sebelumnya, selanjutnya dibangun hipotesis untuk membangun hubungan yg akan
diteliti, selanjutnya penelitian dikonstruk supaya bisa dibuktikan secara
empiris.

dalam posisi ini tidak ada masalah kok berhubungan dengan keraguan dalam
sains.  hehehe

Ari