Liputan 6 Petang (Kamis) menayangkan pidato SBY sebagai presiden dengan durasi
kira-kira 23 menit. Saya kira siaran langsung, tetapi zapping-zapping ke TV
lain kok ndak ada yang nyiarin. Bahkan (maaf) TVRI pun anteng-anteng saja.

Kata seorang kawan, rekaman itu memang dibuat oleh tim liputan SCTV di Istana
siang harinya, dan media lain akan dibagikan rekamannya untuk ditayangkan. Soal
wajib tayang atau tidaknya saya tidak (belum) tahu.

Isinya menjawab semua tudingan orang tentang dugaan kecurangan pemilu terkait
karut marut DPT (dan tak lupa membabat argumen para lawan politiknya yang
menuding pemerintah berada di balik kecurangan ini).

Tidak semua jurnalis di SCTV happy dengan siaran yang dalam bahasa sehari-hari
disebut roll goblok ini. Roll goblok adalah istilah yang digunakan bila kita
menayangkan footage/gambar/ rekaman tanpa perlu (banyak) editing.

Mungkin saja redaksi SCTV menganggap 23 menit pidato itu isinya penting semua
dan punya newsvalue semua, jadi tidak perlu diulik atau diambil bagian-bagian
tertentu.

Saya ingat saat ekonom Revrisond Baswir (UGM) diadukan oleh anak-anak SCTV ke
Polda DIY karena dianggap mencemarkan nama baik institusi itu. Soni --sapaan
akrab Revrisond-- memprotes gaya editing SCTV dalam talkshow tentang kenaikan
BBM di masa SBY berkuasa. Soni sendiri adalah narasumber dalam talkshow melawan
Sri Mulyani yang saat itu masih menjabat Kepala Bappenas. Soni merasa, banyak
pernyataannya yang diedit sehingga talkshow itu dianggap cenderung mendukung
kebijakan BBM naik.

Yang mengadukan ke polisi adalah kawan-kawan saya sendiri. Saya protes kepada
mereka secara terbuka karena saat itu jurnalis justru sedang menolak
kriminalisasi, lha kok ini malah jurnalis ngaduin narasumbernya sendiri ke
polisi. Kalau dianggap memang keterlaluan fitnahnya, ya biarkan saja bagian
corporate legal yang melakukannya. Gak usah wartawan. Pada takut nanti semua
narasumber.

Nah, kini pidato SBY diberi slot durasi 23 menit di sebuah program regular
(karena di akhir pidato, ada bump out Liputan 6 Petang) tanpa editing yang
signifikan. Dalam konteks kisruh hasil DPT, pemerintah (Presiden SBY) hanyalah
salah satu pihak dari sekian banyak stake holder (KPU, parpol peserta pemilu,
dan tentu saja pemilih).

Maka bila besok ada pihak lain yang menuntut proporsi yang sama untuk
memberikan counter pidato, saya khawatir SCTV tidak akan bisa memenuhinya.
Bahkan tidak punya argumen untuk menolaknya selain mengatakan bahwa "akan kami
akomodasi dalam program berita kami. Karena kami juga menunjung tinggi cover
both side"

Katakanlah 10 tokoh menunjuk satu juru bicara untuk mengcounter poin-poin yang
disampaikan SBY, apakah SCTV akan melakukan kebijakan editing yang sama? Atau
akan memilih-milih yang dianggap penting saja, dan membungkusnya di program
regular?

Proporsionalitas tentu bukan soal durasi yang sama, tapi apakah pihak lain
sudah mendapat kesempatan untuk mengutarakan semua perspektifnya.

Saya sebenarnya tidak mau bergenit-genit ria dengan mengaitkan soal ini pada
pergantian elit redaksi di SCTV. Saya menggantung artikel yang dimuat di
jakartabeat. net

http://www.jakartab eat.net/index. php?option= com_content& view=article&
id=137:kisruh- di-ruang- redaksi-akhir- kejayaan- liputan-6- sctv&catid=
43:artikel& Itemid=65

dengan premis bahwa layar di masa-masa pemilu nanti yang akan membuktikan,
apakah masuknya Don Bosco (anggota KPI yang resign di tengah jalan) ke SCTV
untuk tujuan-tujuan politik atau alasan bisnis semata.

salam,

dandhy d laksono