Menulis Cerita

By: agussyafii

Bagian yang paling menyenangkan saya bersama anak-anak Amalia adalah menulis
cerita. Duduk bersama anak-anak dan mengajak mereka untuk berdiskusi mengenai
pengalaman menarik mereka. Malah membuat mereka berebut untuk berbicara. Ada
yang bercerita dikejar-kejar anjing, bergaya-gaya naik sepeda atau naik kereta
api ke kampung. Umumnya anak-anak suka bercerita.

Dengan menulis cerita anak-anak tidak hanya mengembangkan kemampuannya
menggunakan bahasa namun juga mengembangkan dan melatih berpikir secara
terstruktur. Menulis cerita menjadi latihan bahasa yang lebih menyenangkan bagi
anak-anak. Coba kita perhatikan tulisan cerita salahsatu anak Amalia karya Eggy
kelas 3 SD yang berjudul 'Liburan Naik Kereta Api ke Kampung'.

Pada suatu hari saya dan keluarga saya pergi ke kampung naik kereta api. Disana
saya harus membeli karcis dulu beberapa jam saya harus menunggu kereta setelah
itu saya naik kereta, dikereta saya tidur setelah bangun makan dikereta.
Sesampai distasiun terlihat nenek yang sedang menunggu saya. Saya berlari
memanggil-manggil 'nenek..nenek..' terus memeluknya.

Nenek itu menoleh dan ternyata bukan nenek saya. 'Aduh malunya.' kata saya
dalam hati. bapak dan ibu tertawa melihatnya. Kejadian itu tak bisa kulupakan
sampai sekarang. Itulah pengalaman saya Liburan naik kereta api ke kampung.

Wassalam,
agussyafii

--
Tulisan ini dalam rangka kampanye program 'Amalia Cinta Bumi (ACIBU) Minggu,
tanggal 17 Mei 2009, di Rumah Amalia, Jl. Subagyo Blok ii 1, no.23 Komplek