lha iya, ala snouck hurgronye, pendekatan budaya, cultural studies.
implementasinya di jaman dulu dan jaman sekarang kira kira :

- korban lapindo kendati menderita abis abisan bisa didekati
sedemikian rupa sehingga tidak melakukan pemberontakan
- orang aceh kendati perempuannya banyak yg diperkosa dan lelakinya di
tembak di jaman dom, tidak sampai berontak habis habisan lawan RI
- di jaman cut nyak, yg menyerahkan dirinya adalah kawan sepeerjuangan
yg prihatin dengan kondisi cut nyak yg terlunta lunta di tengah hutan
dan matanya nyaris buta
- di jaman belanda, penduduk indonesia jumlahnya ratusan kali
dibanding tentara belanda (marsose/legiun asing), toh tetap mereka
mendukung pemerintahan belanda, asal biasa berangkat naik haji
(tentunya di penghujung abad 19-20 ya)