saya kurang tahu seberapa tahunya masyarakat bahwa IAIN sudah
terjangkiti faham liberal sampai orang2 jadi takut menyekolahkan
anak2-nya ke IAIN. atau mungkin seperti mengutip kata Pak Chodjim
bahwa IPB sudah terjangkiti faham Islam harokah, makanya orang2 jadi
lebih banyak menyekolahkan anak2-nya di IPB ketimbang IAIN.
Terus terang saya jadi bingung dengan sistem pendidikan tinggi di
Indonesia yang tidak lagi memperhatikan 'core competence'-nya. IAIN
berubah jadi UIN, jadi tidak lagi berfokus pada agama tapi malah
pengetahuan umum, sementara IPB yang harusnya berfokus pada pertanian
malah gak jelas ke mana arahnya.

wikan

2009/5/12 Lina Dahlan <linadah...@yahoo.com>:

> 1)Kalo memang ada saling pengaruh dan mempengaruhi pemahaman liberal
> terhadap fundamentalis di dalam tubuh IAIN sekarang ini, memang membuat
> binun yang awam. Kenapa ya yang liberal tidak buat universitas sendiri untuk
> menyebarkan faham libaralnya sehingga gak perlu menyusup-nyusup Universitas
> Fundamentalis. Jadi ada Univ Liberal dan Univ Fundamentalis. Biar kita bisa
> lihat siapa yang banyak peminatnya dan siapa yang lebih bertahan hidup.

Kirim email ke