  From: L.Meilany
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Friday, October 16, 2009 1:06 AM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Puteri Indonesia 2009, Lepas Jilbab Demi
Rambut ( II )

    Lisensi penyelenggaraan Puteri Indonesia itu dipunyai kosmetik Mustika Ratu.
  Untuk perekrutan mereka mengambil dari setiap provinsi. Meskipun pada
prakteknya
  bukan orang/penduduk asli daerah tersebut.
  Wakil Papua baru yg sekarang perempuan asli. Tahun2 yg lalu bisa saja orang
dari Jateng, Jatim yg kebetulan ditunjuk
  oleh pemda Papua misalnya; biasanya sih yg keluarganya punya keterikatan
dengan daerah tersebut.

  Puteri Maluku sekarang bukan orang Maluku, orang Jawa.
  Demikian juga dengan Qory; bahkan barusan pemda NAD bilang kami gak mengakui
Qory sebagai wakil NAD.
  Katanya, kapan gitu pemilihannya? Aya2 wae

  Ya namanya juga usaha bisnis; kapitalisme. Mooryati kan usaha juga gimana
gitu kosmetik tradisional bisa dikenal dunia.
  Lantas untungnya juga banyak dengan penyelenggaraan ini.
  Bahkan di Venezuela, ajang kontes ratu2-an ini di selenggarakan secara
profesional, bagian dari industri pariwisata.
  Mereka sering menang, karena untuk ratu2-nya calonnya disiapkan
bertahun-tahun; sejak dari usia ABG.
  Mereka diajarkan rasa percaya diri, personaliti; jadi meski bahasa Inggrisnya
memprihatinkan, kulitnya juga nggak jernih mereka juga berhasil menang karena
punya semangat, jatidiri kebangsaan yg menonjol.
  Di Indonesia selain asal 'comot' dari tiap daerah, diklatnya cuma 2 bulanan;
ditanya ibu kota Indonesia saja pusing jawabnya :-)

  Yg dulu2 banyak orang keturunan ikutan; kalo tak salah puteri Indonesia tahun
70-an adalah asli keturunan China
  [Irma Hardisurya]
  Beberapa tahun lalu juga banyak, juga yg blasteran - China Jerman seperti
Nadine Candrawinata.
  Jadi knapa ributnya baru sekarang apakah gara2 soal jilbab?
  Banten juga sebenarnya bersyariah tapi sebatas u PNS dan yg tahu diri kalo
berkunjung ke Pemda ya siap2 di tas bawa jilbab dan pake busana ketutup.

  Di Indonesia penyelenggaraan miss2-an kalo tak salah ada 2 versi. Puteri
Indonesia /Mustika Ratu/ u pemilihan miss world [?]
  Yg lainnya adalah Miss Indonesia/kalo tak salah grup RCTI u pemilihan miss
universe [?]
  Miss Indonesia ini kebanyakan pemenangnya justru warga keturunan bukan
Indonesia asli yg tentunya juga bukan muslimah :-)
  Jadi nggak pernah menuai persoalan, dan juga gak terlalu populer seperti
Puteri Indonesia.

  Salam,
  l.meilany