Kata Rasul, salah satu yang mematikan hati adalah "berdebat dengan orang
yang bodoh : kamu berkata dan ia berkata, tetapi tetap tidak
mengembalikan kepada kebaikan".

Mohon maaf. Saya tidak berani mengatakan ada yang bodoh dalam perdebatan
yang sedang terjadi di sini. Tapi terjadi yang ini : "yang satu berkata,
yang lainnya pun berkata, tidak mengembalikan pada kebaikan". Jadi
memang sebaiknya perdebatan ini dihentikan saja. Saya rasa, itu yang
berusaha dilakukan oleh Abah HMNA.

Masing-masing tentu bisa meneruskan berceritera di jalurnya
sendiri-sendiri.. dan jamaah bisa menyimak dan menilai atau memberi
tanggapan sampai ke titik kesimpulan atau sampai ke titik terjadi
"berdebat dengan orang bodoh" seperti yang diceriterakan di atas
(regardless yang mana yang bodoh), sehingga perdebatan perlu diakhiri
lagi.

Wallahua'lam bishowab.

Wassalaam,

-Ning