Bung Muiz,

Ada baiknya informasi ini buat Anda yang belum tahu bagaimana Rasulullah SAW
membuat stempel 'kafir' tanpa pernah menunjuk hidung dan sangat jauh berbeda
cara yang beliau SAW lakukan dibandingkan dengan cara tunjuk hidung yang biasa
dilakukan tipikal para kyai/mullah/ulama (MUI dan para penggemarnya, misalnya).

Beliau SAW bersabda:

"Janganlah kamu menjadi kafir di belakangku, sehingga sebagian dari kamu
memancung leher yang lain." (Misykat Jilid 1, hlm. 37)

Dalam Hadits ini yang dimaksud kafir oleh Rasulullah s.a.w. adalah orang-orang
Islam agar jangan saling memerangi, sebab perbuatan demikian disebut kafir.

Lagi, beliau SAW bersabda:

"Siapa di antara budak-budak yang lari meninggalkan tuannya, maka sesungguhnya
ia telah menjadi kafir sebelum ia kembali kepada tuan mereka." (H. R. Muslim,
jld. 1, hlm. 37)

"Ada dua sifat yang masih terdapat di kalangan umatku, mereka masih kafir dalam
dua sifat itu, yakni mencela kebangsaan orang lain dan meratapi mayit." (H. R.
Muslim, jld. 1, hlm. 37)

"Perjanjian teguh yang membedakan kita dengan mereka (orang-orang kafir dan
musyrik) adalah salat, maka barangsiapa meninggalkan salat niscaya kafir-lah
dia." (Misykat, hlm. 58)

Dan nasehat beliau SAW:

"Barangsiapa memanggil atau menyebut seorang itu kafir atau musuh Allah padahal
sebenarnya bukan demikian, maka ucapannya itu akan kembali kepada orang yang
mengatakan [menuduh] itu." (Bukhari)

Salam,
MAS