----- Original Message -----
From: "Dwi Soegardi" <soega...@gmail.com>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Monday, February 22, 2010 09:31
Subject: Re: [wanita-muslimah] Seri 911 Post-Modernisme, Pluralitas dan
Pluralisme

Ini adalah tanggapan ustadzah Anita Tamara atas pemahaman Abah HMNA tentang
pluralisme dan pluralitas
di milis WM ini hampir 5 tahun yang lalu.
Mengharapkan Abah berubah saya rasa sangat sulit,
#################################################################################
HMNA:
Memang sangat sulit pandangan saya berubah, karena menurut pengalaman pembacaan
dan kajian saya dan dalam perdebatan antara agama dalam milis Islam-Kristen
belum ada reasoning yang dapat mengubah pendirian saya itu.
"H. M. Nur Abdurrahman"
<h...@t...> wrote:
> Syafii Anwar wrote:
> MUI salah dalam memahami pluralisme. ......... Inti pluralisme adalah
bagaimana mengembangkan saling menghormati dalam perbedaan itu.
> --------------------------
> HMNA:
> Ha? Yang salah memahami sebenarnya siapa? Saling menghormati dalam
perbedaan, itukan kesadaran tentang keberagaman (pluralitas).
> Howgh

Pluralitas itu hanya menyadari perbedaan saja. Seorang yg hidup dalam
pluralitas tidak akan mengusik orang-orang yang berbeda, namun tetap
punya penilaian pribadi terhadap yg berbeda itu "lebih jelek" "tidak
selamat" dsb. Pluralitas sudah ada di Indonesia sejak dahulu.

Sedangkan pluralisme itu ada unsur empati dalam kesadaran itu. Empati
ini penting untuk melihat dari sudut pandang orang yg berbeda itu.
Karena tanpa empati pasti orang-orang masih punya pendapat "kamu lebih
jelek daripada saya." Sulit memang untuk berpluralisme, untuk
menghilangkan prasangka ini. Pluralisme adalah "semua agama adalah baik
untuk pemeluknya masing-masing", bukan "semua agama adalah baik (untuk
saya)."
##############################################################################################
HMNA:
Paragraf di atas itu senada dengan pemahaman Komunitas Utan Kayu (sarangnya
Jaringan Islam Liberal) yang dalam situs ww.islamlib.com: dinyatakan bahwa
semua agama itu sama dan paralel, dan kita tidak boleh memandang agama lain
dengan kacamata agama kita sendiri, tidak boleh ada truth claim dan salvation
claim. Pemahaman pluralisme yang demikian itu yang ditolak oleh ummat Islam
yang sadar akan ke-Islamannya. (akan dijelaskan di bawah)
###############################################################################################

Memahami pluralisme, berarti tidak pernah berpikir untuk mengubah agama
orang lain. Berarti berpikir "Siapapun yg baik karena agamanya, maka
agama itulah yg paling cocok untuknya. Siapapun yg pindah agama lalu
jadi lebih baik sebagai seorang manusia, maka berarti ia pindah agama
karena lebih cocok dengan agama barunya." Orang-orang yg memahami
pluralisme tidak akan menghujat orang murtad, juga tidak akan melakukan
misi-misi pengalihan agama orang lain (proselytizing).
####################################################################################################
HMNA:
Orang-orang yg memahami pluralisme tidak akan menghujat orang murtad?. Ini
adalah suatu pernyataan yang rampatan (generalisasi). Mengapa? Karena TIDAK
SEMUA yang menghujat orang murtad tidak memahami pluralisme. Orang Islam yang
SADAR akan ke-Islamannya memahami pluralisme, namun bersikap menolak
pluralisme. Memahami itu tidak identik dengan bersikap menerima. Ummat Islam
yang sadar akan ke-Islamannya akan menghujat yang murtad dari Islam, karena
itulah yang diajarkan oleh Al-Quran, tetapi itu tidak berarti mereka tidak
faham apa itu pluralisme. Mengapa? Tatkala pluralitas yang diajarkan Al-Quran
telah ditambah dengan isme, ia telah menjadi anutan, kepercayaan, paradigma,
bahkan keyakinan. Alhasil Islam yang mengakui pluralitas yaitu masyarakat /
ummat yang terdiri dari berbagai etnis dan kultur, namun MENOLAK jika
dibubuhkan isme menjadi pluralisme dan multikulturalisme, yang "baju baru" dari
post-modernisme.
Plurality => the state ot fact of being numerous
Pluralism => a theory that there is more than one basic principle [The Random
House Dictionary of the English Language, p.1022]
#####################################################################################################

Sekali lagi saya bilang sulit. Ada seorang teman saya Kristen yg sangat
bisa memahami pluralisme.
###################################################################################################
HMNA:
Dalam kalangan ummat Islam ada yang TERJERUMUS dalam pandangan bahwa agama itu
paralel, yaitu pemahaman agama ummat Islam berdasarkan Al-Quran itu paralel
dengan pemahaman agama ummat Kritsen menurut Injil. Sepertinya ustadzah Anita
Tamara terperangkap / terjerumus pula dalam pandangan agama itu paralel.
Ajaran Islam menurut Al-Quran:
Syariat Islam mengatur tatacara peribadatan yang 'ubudiyyaat (mahdhah) untuk
manusia sebagai makhluk pribadi, yakni hubungan langsung antara manusia dengan
Allah. Peribadatan yang 'ubudiyyaat inilah  yang identik dengan  pengertian
religion, religie, godsdienst dalam bahasa-bahasa barat.
Di samping itu Syariat Islam juga mengatur pokok-pokok peribadatan yang
mu'alamaat untuk manusia sebagai makhluk sosial. (Ibadah adalah segenap
aktivitas kita untuk mewujudkan nilai-nilai kebenaran utama yang mutlak menurut
Al Quran dalam kehidupan kita sehari-hari, berlandaskan aqiedah yang benar,
dikerjakan dengan ikhlas, mengharapkan ridha Allah SWT semata, mulai dari tiang
yaitu shalat hingga kepada pucuk membuang beling dari tengah jalan. Jadi lebih
luas pengertiannya dari bahasa-bahasa barat: religion, religie, godsdienst).
Sebagai contoh tentang konsep perekonomian:
Kay Laa Yakuwna Duwlatan Bayna lAghniyaai Minkum (S. AL Hasyr, 59:7), artinya:
-- Supaya kedaulatan (ekonomi) itu jangan (beredar) di antara orang-orang kaya
di antara kamu.
Itulah sebabnya ummat Islam yang sadar akan ke-Islamannya sangat sengit
menentang sistem ekonomi neo-liberal.

Ajaran Kristen menurut Injil:
Dalam ajaran Injil tidak ada konsep mengenai apa yang disebut dengan ibadah
mu'amallaat, sehingga ummat Kristen memahamkan agama sebagai hanya sekadar
religion saja. Tidak adanya konsep tentang ibadah mu'alamaat itu maka dalam
Injil dinyatakan:
-- "Geeft dan den Keizer wat des Keizers is, en Gode wat Gods is (Marcus
12:17)",
-- "Render to Caesar the things that are Caesar's, and to God the things that
are God's (KJVR-Mar 12:17)", artinya:
-- berikanlah kepada Kaisar yang milik Kaisar, dan berikanlah kepada Tuhan apa
yang miliknya Tuhan..
Maknanya berikanlah kepada God dalam hal religion dan berikanlah kepada
Kaisar/negara dalam hal yang mu'amalaat.
#############################################################################################

Karena di keluarganya ada 3 agama, yaitu
Kristen, Islam, Budha. Satu teman lagi juga ada yg Islam dan Katholik
dalam keluarganya. Mereka ini melihat kehidupan keluarga besarnya
sehari-hari baik-baik saja, melakukan ritual-ritual yg dianggap sebagai
pemenuhan kehausan spiritualitas saja, sedangkan sisanya berinteraksi
dengan baik menurut ajaran agamanya masing-masing, ternyata kok ya
tetap nyambung sebagai sebuah keluarga besar. Orangtua mereka memang
agak menyayangkan anaknya pindah agama untuk menikah dengan orang yg
beda agama. Maklum, namanya juga orangtua, maunya yg diajarkan ke anak
dipegang terus oleh anaknya (hal ini kan juga berlaku dalam prinsip-
prinsip lain). Tapi, nggak ada tuh acara kecewa-kecewa apalagi sampai
tidak mengaku anak.

Coba kita BAYANGKAN.
TEMPATKAN DIRI KITA dalam diri mereka (put ourselves in their shoes).
Apakah yg bakal kita lakukan jika saya adalah dia? Jika kita adalah
mereka?
Kalau saya.. kalau saya.. kalau saya.. begitu banyak "kalau saya".