Sebagian dari mereka masih bertanya, "ada berapakah rupanya model kebenaran
itu?"

Artinya; mereka tidak menyimak keterangan kita sebelumnya terkecuali hanya
ingin menolak semua yang berasal dari Islam. Padahal sudah jelas kita
sampaikan kepada mereka bahwa kebenaran itu sifatnya universal.

Supaya mereka mudah memahami persoalan ini, maka perlu kita kasih contoh
yang kiranya dapat dijadikan acuan yang bagaimanakah kiranya yang disebut
dengan menolak diri dari kebenaran.

Jika anda mendengar dari seseorang tentang sebuah perkara yang anda tidak
ketahui sementara didalam hati anda mengakui ada kebenaran didalamnya, maka
kafirlah anda jika secara serta merta langsung menolaknya hanya karena anda
gengsi, takut, malu dan lain sebagainya.

Namun demikian, anda tidak disebut kafir (menutup diri dari kebenaran) jika
anda tidak menolak dan juga tidak menerima karena anda membutuhkan waktu
untuk meneliti perkara tersebut.

Dengan demikian, kafir bukanlah hanya milik orang non islam. Orang Islam
juga bisa kafir jika dia menutup diri dari kebenaran yang dia tolak
sementara hatinya mengakui kebenaran yang dia hadapi tersebut.