Itu kan fenomena yang membayangkan bahwa sebagian ummat Islam kalau bukan
sebagian besar, masih terpuruk dalam kebodohan.  Yang juga nggak kalah anehnya
wong arab elite itu, di saat middle east booming dengan oil money pun,
Palestinian masih terpuruk.

I was thinking outloud, ngapain juga menolong orang yang nggak mau menolong
dirinya sendiri?  Kalau niatnya kemanusiaan dan muslim brotherhood, di Africa
itu sodara2 kita jauh lebih banyak dan jauh lebih menyedihkan - dimana fenomena
Afrika berbeda terbalik dengan perkembangan the rest of the world.

Tapi kemudian kupikir lagi, fenomena dunia fana termasuk konflik, melahirkan
proses yang 'alamiah', dimana kita mencapai sukses kalau tetep sabar mengikuti
proses alamiah ini, dengan keyakinan yang utuh sejati.

Contohnya, walaupun aku nggak ngerti jalan pikiran aktivis kita yang ke Gaza
itu lantaran berniat membebaskan Jerussalem - yet, she/he is part of the change.

Sehingga kalau mayoritas kita tetap dalam jalur bantuan kemanusiaan, dan dunia
berhasil menekan Israel untuk memainkan strategi yang matching, yaitu diplomasi
kemanusiaan - paling nggak mereka akan naik dan berada dalam level playing
field yang sama.  Proses transformasi itu membutuhkan real action.

Jadi, kalau Pak HMNA itu misalnya nggak tegas atau malah mensupport perjuangan
kekerasan ala Hamas,  dia sama saja dengan Israel garis keras, keduanya dalam
tingkatan atau maqam di bawah sono hehehe - jadi fossil...:-)

salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ary Setijadi Prihatmanto"