From: "Kartono Mohamad" <kmj...@indosat.net.id>
Sender: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Sun, 15 Aug 2010 18:09:47
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: Re: [wanita-muslimah] Asam urat

Asam urat bukan nama penyakit tetapi zat hasil metabolisme "purine" dalam
tubuh. Normalnya asam urat dibuang melalui kencing. Pada beberapa orang
pembuangan itu tidak sempurna, bisa karena ginjal tidak sempurna, bisa
karena keturunan (herediter), bisa karena efek samping obat. Sehingga ada
kelebihan asam urat dalam tubuh dan menimbulkan penyakit. Biasanya akibat
penumpukan kristal asam urat di sendi-sendi tertentu maka sendi itu jadi
bengkak dan terasa sakit. Penyakitnya disebut "gout".
Purine terdapat dalam beberapa jenis sayuran seperti bayam, mlinjo, dan juga
jeroan binatang.
Para dokter yl KSJKSS (CMIIW).
Salam
KM