Bung semua,

Ini soal stigma. Sebetulnya saya sudah tidak mau lagi berkomentar mengenai
perihal ini, mengingat ingatan kita sepenuhnya sudah dikuasai oleh versi
sejarah made in Orde Baru. Percuma saja saya mengajukan argumen sampai
ngabudah-budah kalau memang semua orang sudah taklid buta pada versi sejarah
itu. Tapi lama-lama saya ararateul juga.

Pasca peristiwa G.30.S. 1965, praktis PKI sudah tidak ada kentutnya lagi.
Terakhir PKI sempat menggeliat pada peristiwa Blitar Selatan tahun 1968. Saya
sendiri meneliti mengenai pembantaian massal anggota dan simpatisan PKI di
Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. PKI di sini sudah habis terakhir tahun 1969.
Pada intinya pemerintah Orde Baru waktu itu ingin ancaman yang satu ini pupus
sebelum pemilu tahun 1971 digelar.

Sepuluh ribu anggota PKI dan afiliasinya ditahan di Pulau Buru dan di berbagai
tempat lainnya. Sekira 3 juta anggotanya tewas dibantai. Entah berapa lagi
korban dari keluarga mereka.

Tak hanya itu saja, stigma negatif pun dilekatkan pada PKI. Buku sejarah
ditulis. Versi diseragamkan. Film "Penchianatan G.30.S/PKI" karya Arifin C.
Noor diputar malam tanggal 30 september tiap tahunnya. Hasilnya, ya seperti
yang gurunya Kang Dian itu: "PEKAI Kamu!!!" dan siapa yang gak ngeri dituduh
sebagai PKI, tukang silet kemaluan jenderal (walaupun berdasarkan hasil visum
tak satupun kemaluan jenderal yang dipotong, kecuali disunat kali yeee). Siapa
juga yang gak takut dituduh sebagai Gerwani, tukang cungkil mata jenderal,
walopun hasil visum juga tak ada yang menyatakan mata mereka copot karena
dicungkil pake penyadap karet.

Dalam ilmu sejarah tidak dikenal adanya klaim, terlebih jika klaim itu
ditujukan untuk menguasai kebenaran secara sepihak. Kalau yang diajarkan sudah
itu-itu saja, lantas yang diputar juga itu-itu saja, maka tentu saja tidak
berlebihan kalau dikatakan sejarah sudah dijadikan media untuk melegitimasi
kekuasaan sekaligus mengklaim kebenaran.

Mungkin saja apa yang dilakukan oleh PKI di dalam kebakaran Kebon Sayur itu
benar adanya. Tapi pertanyaannya: sejauh mana fakta yang dimiliki dan sekuat
apa fakta itu untuk membuktikan keterlibatan PKI?

Tabik,

BT

dian agusdiana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                                  maap
ini sekedar intermezo:
 sewaktu saya sekolah di smp, ada seorang guru yang
 terkenal galak. nah waktu itu hendak upacara
 memperingati kesaktian pancasila (1 oktober).
 Dasar barudak, disuruh baris malah ga rapih rapih.
 diatas podium dengan lantang dan sangar sang guru
 teriang begini :
 "PKI kamu!!!!"
 dan secepat kilat berbaris dengan rapih lah sekawanan
 murid murid yang imut itu.

 --- bayu sukma <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > Punten saya punya janji bales e-mail ini biar
 > terlambat asal selamet.
 >   Kemarin saya baru sempat ketemu Pa Sukra kebetulan
 > saja dia sedang  duduk di depan teras rumahnya
 > sedang makan singkong goreng.Dalam  bincang-2 saya
 > dengan Pa Sukra beliau mengatakan bahwa kejadian
 > kebakaran di Kebon Sayur
 >   Serang adalah peristiwa aneh. Menurut dia walaupun
 > PKI di fitnah terus  seperti itu tidak akan pudar.
 > Disana ad rumah H.Chasan dan H.Embay  kenapa tidak
 > terbakar.
 >
 > Iip Umar Rifai <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
 === message truncated ===

 Park yourself in front of a world of choices in alternative vehicles. Visit
the Yahoo! Auto Green Center.
 http://autos.yahoo.com/green_center/