Hadis riwayat Abu Bakrah ra., ia berkata: Seorang lelaki memuji orang lain di
hadapan Nabi saw. maka beliau bersabda: Celaka kamu! Kamu telah memenggal leher
temanmu, kamu telah memenggal leher temanmu! Beliau mengucapkannya
berulang-ulang. Apabila seorang di antara kamu terpaksa harus memuji temannya,
hendaklah ia berkata: Aku mengetahui kebaikan si Fulan namun Allah lebih
mengetahui keadaannya, dan aku tidak memberikan kesaksian kepada siapa pun yang
aku ketahui di hadapan Allah karena Allah lebih mengetahui keadaannya yang
sebenarnya. (Shahih Muslim No.5319)

Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Nabi saw. mendengar seorang memuji
orang lain secara berlebih-lebihan, maka beliau bersabda: Sungguh kamu telah
membinasakannya atau telah memotong punggung orang itu. (Shahih Muslim No.5321)

Dapatkan alamat Email baru Anda!