Salam dulur, biarlah pemilu berlalu. Selingan
belajar bahasa Arab, hidup menjadi indah.

Senang mendengar diskusi model begini. Kata orang,
cara mudah memahami bahasa dengan menyimak ungkapan di bawah ini: Tapi ini
sekadar
heureuy bukan metodologis...

Jika seseorang katakan: "Wakil-wakil
rakyat dalam Dewan Perwakilan Rakyat bersama ahli mahkamah dan kehakiman, secara
musyawarah dan mufakat membahas masalah hak asasi manusia, hukum, ketertiban
umum dan keamanan. Persoalan ini syarat mutlak terwujudnya masyarakat adil dan
makmur. Hasil musyawarah diumumkan melalui maklumat resmi, disiarkan ke
daerah-daerah
dan wilayah Indonesia." Sadarkah Anda bahwa semua kata-kata yang ada
dalam kalimat tersebut, selain kata penghubung, semuanya berasal dari bahasa
Arab? Cuma kita kurang terbiasa melafalkan seperti orang Arab aseli.

Ya, kalo kita lacak pengaruh bahasa Arab bisa
ditelusuri dari sepak terjang Walisongo saat mendakwahkan Islam ke tanah Jawa.
Coba
simak pula ungkapan Arab ini: Fatruk ma bagha, nala khairan samirina. Kata-kata
dalam kalimat tersebut hampir mirip dengan tokoh wayang seperti Petruk, Bagong,
Nala Gareng, dan Semar. Padahal, jika ungkapan Arab tersebut diterjemahkan,
akan menjadi: "Tinggalkan sesuatu yang durhaka maka engkau akan
mendapatkan kawan yang baik". Sama dengan ungkapan : al-nadzafatu min
al-iman :  ”Make sapatu ngajaga kuman”.
 Leres???

Tetep semangat, turut ngadukung.

Tata Septayuda Purnama