Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah
mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari
memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang
terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara
memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di
dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap
partition.

Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen
yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM
dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses
yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan
cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang
cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses
tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM
menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page
dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging.
Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4
gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam
modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_memory
agar tidak ada pesan peringatan virtual memory low maka settingan
virtual memorynya harus diperbesar. caranya bisa dilihat di sini
http://www.google.co.id/search?q=memperbesar+virtual+memory

--- In yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com, "neraka_apa_hell"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> maap,..
> saya newbie niih,..
>
> pngn tnya mksud dari Virtual memory tuh apa sih??
> klo saya connect ke internet setelah kurang lebih 20menit pasti muncul
> pesan "Virtual Memory Low,...,"
> trus koneksi jd lemot,.pdahal Bandwith ga turun.
>
> mhon pencerahan dari kaka2 skalian,..
> gmna cara penanggulanganya biar tu Virtual Memory ga Low lagi.,
> trimakasih buat masukan kaka2 smua.,,
>
> All Respect

Kirim email ke