wahh.. nadanya kaya'nya agak emosi nich...
sabar bro... sabar...

pertanyaan anda cukup sulit dijawab karena jawaban ini bisa berbeda tiap orang.
saya pernah jadi programmer juga jadi semoga saya dapat membantu.

untuk perintah dasar memang seharusnya kita menghapalnya (wajib).
untuk sistematis sebaiknya bukan dihapal tetapi dipahami karena dalam dunia
programming, selalu ada error saat developing yang belum tentu karena perintah
yang digunakan tidak tepat melainkan karena alur nya yang belum sesuai.

jika anda sedang masa pendidikan maupun test ujian masuk kerja, biasanya
tuntutan seperti itu memang ada dari perusahaan.
sedangkan jika anda telah bekerja, tuntutan dari perusahaan untuk hapal
perintah sangatlah kecil. tetapi tuntutan dateline yang sangat ketatlah yang
biasanya 'memaksa' kita untuk segera hapal/paham setiap perintah pemrograman
dan logikanya.

jadi kesimpulan saya,
minimal anda hapal perintah dasarnya dan sangat baik bila anda hapal setiap
perintah2 yang ada (walau hal ini tidak mudah dan butuh pengalaman) karena ini
akan sangat membantu saat develop sebuah aplikasi utamanya mengenai kecepatan
kita dalam menyelesaikan aplikasi kita.
Tentunya jangan lupakan logika pemrograman karena ini juga sangat penting dan
merupakan salah satu penentu kualitas aplikasi kita.

semoga membantu.

Salam,
PS