neh hari aku dapet garapan dr user ku, kasus nya lucu tapi menantang juga, dia
punya kompie lumayan baik core duo e5200 2,5 Ghz ( 45 nm ), mainboardnya asus
P45, memory kebetulan dapetnya chipset samsung 16 ic timingnya ketat pula
5-5-5-15 ( katanya di kasih temen bapak nya dr belanda ) 2 unit, VGA Geforce
Palit 9800 GTX, power supply toughpower qfan 750 watt. Nah neh org minta di
overclock in, alasan klasic katanya lambat

ok kebetulan aja bios pake amibios, nah langsung tak oprek tapi sebelom nya aku
bilang kalo sampe gagal dan akibat terbakar bukan tanggung jawab yg di kasih
job naikin,

aku naikin awalnya 5 mhz, padahal bisa sih 10 mhz cari aman nya, tapi sebelom
nya pci nya tak turunin ke 66/ 33 mhz, memory tak turunin ke 4-4-4-12 ( takut
kalo memory tak bisa kerja di atas 800 mhz )

nah naikin pelan2 sampe speed 2926 mhz, masih normal semua normal meski panas
dah mulai masuk ke 70 derajat, ya udah aku tanya ganti fan aja ya, org nya
bilang ok atur wae, nah naikin lagi tapi ndak stabil lantas tambahin voltage
0,01 volt nah mentok nya cuman sampe 3 ghz lebih dikit,

ternyata aku nilai e5200 keren sih sayangnya ama org banyak ndak di lirik blas,
pdhl dolo aku test yg 4600-7400 kenaikan 5-10% aja dah susah ndak karuan

kalo mau overclock awas jangan nekad pelan2 dan sering pegang2 heatsink
processor, kalo panas dikit hentikan jangan di genjot abis, bisa2 error, kalo
sampe blue screen reset bios, kalo berhasil coba melakukan benchmark, lantas
apa program kamu bisa jalan normal, misalkan ndak jalan turunin jangan di paksa
drpd system ndak stabil

overclock tuh jangan di anggap sesuatu yg harus di lakukan, kalo kompie dah
lawas dan emang ada dana lebih tapi ndak peduli dengan harga jual kompie anda
ndak masalah, kalo anda peduli lebih baik beli yg di atas nya karena overclock
cuman buat hobi bukan pekerjaan

kasian ama hardware kamu, karena memaksa kinerja semakin tinggi, umur hardware
jadi semakin pendek

salam

Kirim email ke