Pertanyaan yang lengkap dan jelas akan mendapatkan jawaban yang tepat.

Kalo bukan karena Mas Anton sudah punya kontribusi untuk Yogyafree ( Surabaya
), mungkin saya tidak akan langsung jawab namun saya akan minta diperjelas dulu
pertanyaannya. Sebab pertanyaan anda masih sangat mengambang dan mungkin
jawaban yang diberikan tidak sesuai dgn pertanyaan yang anda maksudkan...

Mengenai "Server Tunneling" yang anda maksudkan ini sebenarnya kurang dikenali
oleh masyarakat luas karena Server Tunneling lebih di kenal dengan VPN (
Virtual Private Network ) dan Tunneling adalah bagian dari VPN alias VPN itu
terbentuk dari interkoneksi Tunneling.

Simplenya adalah TUNNEL = LORONG / TEROWONGAN. Artinya bahwa koneksi VPN adalah
koneksi / komunikasi data dari Client ke Server melalui jalur khusus berupa
terowongan yang terlindungi sangat aman dari akses pihak lain diluar jalur
terowongan tersebut. Jadi dapat kita bayangkan tingkat keamanan komunikasi data
mengunakan VPN yang melalui jalur public / internet ini.

Komunikasi Client ke Server ini dapat diartikan sebagai koneksi PC atau laptop
Client ke Server Utama kita ataupun dapat berupa koneksi VPN Client ke VPN
Server. Khusus konfigurasi koneksi VPN Client ke VPN Server ini di aplikasikan
untuk menghubungkan 2 jaringan LAN yang beda lokasi atau beda kota bahkan beda
negara. Contoh simple dalam konsep ini adalah mengunakan Mikrotik VPN Server di
jaringan LAN Utama ( Head Office ), lalu mengunakan Mikrotik VPN Client di
jaringan LAN lainnya ( Branch Office ). Konsepnya bisa anda baca pada artikel
dibawah ini :

http://jamesbond.xcode.or.id/layout_vpn_mikrotik_vpn_server.html

Panduan lengkap cara membangun Mikrotik VPN Server &VPN Client ( PC / Laptop )
dapat anda baca pada artikel dibawah ini :

http://jamesbond.xcode.or.id/panduan_membangun_vpn_server_mikrotik.html

http://www.4shared.com/file/12995332/d06bdcff/Panduan_Install__Configure_VPN_Server_Win_2000.html

http://www.4shared.com/file/20037757/2ff4b002/Panduan_Configure_VPN_-_Win2003_Server-R2.html

Saya kmrn sebetulnya jg sdh bikin capture cara bikin koneksi VPN pake Team
Viewer, tp msh blm sempat bikin artikelnya... Btw, kembali ke pertanyaan anda
dibawah ini apakah anda mau mencoba koneksi akses ke VPN Server?