Saya sih kurang tahu soal MSOffice, soalnya pernah makenya cuma di desktop2
yang ber-license. Saya sendiri masih menghindari license2 karena alasan dana
(sekarang jaman susah). Tapi kurang lebih ada beberapa pendekatan untuk satu
aplikasi MS Office untuk banyak komputer.

1. Yang saya tahu MS Word ada tool yang bisa dipake ngintip dokumen yang lagi
dibuka di komputer tetangga, tapi ini butuh MS Word di-install di komputer yang
digunakan sih... Solusi yang ini gak kepake karena tampaknya bukan ini yang
ditanyakan, iya gak?

2. MS menyediakan remote desktop yang bisa mengakses komputer tetangga. Semoga
MS Officenya gak di-block sama MS buat dijalanin di remote desktop, tapi secara
teori bisa dicoba.

3. MS tidak menyarankan untuk mengakses komputer tetangga dengan cara ilegal,
tapi banyak sekali yang sudah mencobanya. Hanya saja yang saya tahu aksesnya
lewat console dan aplikasi MS Office-nya terbuka di komputer tetangga. Cara ini
sangat tidak disarankan karena selain ilegal juga menjawab pertanyaan saudara
dengan efek yang tidak diharapkan karena aplikasinya tidak kelihatan oleh anda.

4. Yang ini yang sangat disarankan, yaitu memakai MS windows server.
Administratornya boleh memberikan hak akses untuk menggunakan aplikasi MS
Office. Pertanyaannya MS Office cuma diinstall di satu server atau di banyak
komputer? Sayang sekali sangat disarankan jawabannya adalah di banyak komputer
karena beban kerja windows server akan berat sekali kalau banyak komputer.
Tidak disarankan, tapi bisa, boot dari komputer yang tidak punya OS, tapi
biosnya mendukung boot lewat LAN. Nama protokolnya TFTPD. Ini jadi masalah OS,
bukan MS Office.

5. Tapi tidak ada yang lebih gampang dari ilmu politik yaitu "yang gampang koq
dipersulit". Anda punya satu aplikasi MS Office, mau dipakai untuk banyak
komputer. Install saja satu per satu di banyak komputer. Mau nge-run yang
di-tetangga, chatting sama tetangga, "buka dong MS Office-nya" Biasanya bos2
memakai cara ini. Jangankan MS Office, software milyaran dolar pun yang ada di
tetangga bisa di-run dengan cara ini. Ngapain ditanya soal kayak gini? Langsung
ajah di-list siapa ajah yang punya software MS Office terus kasih tugasnya ke
masing2 lewat chatting. Kalau di tetangga gak ada orangnya, panggil orang buat
duduk di sana.