Membuat Mikrotik PC Router adalah tidak sulit, tetapi.... bukan hal yang mudah
bagi anda yang belum pernah memahami tentang Routing System jika tidak anda
yang memandu anda. Dijamin dech anda pasti bingung sendiri... Apalagi yang
Linux Base seperti Mikrotik, MonoWall, Smoothwall ataupun FreeBSD, dll...

Oke dech saya akan coba memberikan sedikit pencerahan tentang cara Install
Linux. Coba baca dulu tutorial saya ini :
http://jamesbond.berjuang.info/files/Mikrotik/Materi-Workshop-Instalasi_Mikrotik_PC_Router_with_Speedy.rar

Selanjutnya siapkan sebuah PC, minimal dgn Pentium 2 dgn Ram minimal 64 Mb,
harddisk minimal 1 GB. Lalu pasang 2 buah LAN Card PCI ( DLINK, 3Com, Intel,
Realtek, Atheros, dll ) ke Slot PCI. Selanjutnya Setting BIOS utk BOOT First
from CDROM.

Lalu Burn file ISO Mikrotik ke sebuah CD, saran saya utk saat ini pake Mikrotik
versi 3.6. Lalu gunakan CD tsb utk booting, dan selanjutnya ikuti step by step
spt di handout tsb. Hingga selesai installasi...
http://jamesbond.berjuang.info/files/Mikrotik/mikrotik-3.60.iso

Next....

Salam,

N4th4n