prinsipnya mau mirip dengan sistem LAN diwarnet [maaf klo ada yg salah dlm
penjelasan]

1. LAN [ anggap warnet]

   server - client terhubung dengan kabel UTP
   server terhubung dengan internet dan di share ke client
   di client di set IP n defaul gateway supaya bisa terhubung dengan server

2. VPN

   server VPS -  di setingan n di instal OpenVPN
   VPS sekarang berubah jadi VPN
   VPS ini uda terhubung dengan internet
   di server VPN ini di set sebuah configurasi yg nantinya
   digunakan untuk menghubngkan server dgn client
   saat server sudah siap
   di client qta buat sebuah konfigurasi yg nantinya di gunakan untuk
   menghubungkan client dgn server
   setelah semuanya siap
   tinggal satu masalah
   gmn caranya mencari jalur agar client terhubung dgn internet
   tp gratis
   di telkomsel menyediakan sebuh setingan yg gratis
   yaitu chatbox tp jalur kebuka tp tdk bisa digunakan untuk akses internet
   saat client sudah terhubung dgn internet maka tinggal VPN qta hubungkan
   internet sudah bisa aktif
   tdk kepotong pulsa sedikitpun karna setingan chatbox itu GPRS gratis

maaf klo tdk terlalu jelas..
ini pengalaman saya sebagai user pengguna