Wah thanks banget nie buat Yogyafree Lover atas bantuan n sharing info tentang
fingerprint + kelebihan kelemahannya serta alternatifnya (mas nanthan > thanks
bgt, udah mau capek2 ketik pnjelasan hingga spanjang nie)...

________________________________
Dari: Prog Tel <progtel2...@yahoo.com>
Terkirim: Sel, 2 Maret, 2010 15:07:13
Judul: Re: [YF] [JAWAB] Mau cari tahu tentang Fingerprint

Dear All Yogyafree Lover,
Kalau dari pengalaman saya... beberapa waktu lalu saya melakukan Trial dan
Pengujian dari berbagai alat / produk untuk absensi karyawan. Mulai dari
Barcode Scanner ( model Sliding kyk model MSR-206, maupun Barcode Scanner
Linear Imager model desktop kyk barcode di swalayan Alfamart / Indomart ), lalu
produk Finger Print, juga produk RF ID.

Secara teknis, hampir keseluruhan punya fungsi sama tapi harus kita perhatikan
kebutuhan ini sesuai apa tidak dengan implementasi di perusahaan kita. Contoh
beberapa hal yang harus di perhatikan adalah pengunaan Finger Print ini untuk
area kerja di mana? Apakah di Office, di Lapangan, di Industri, dll. Kalo untuk
kalangan Industri atau Manufacturing kita harus memilih produk yang memiliki
IP64 atau IP65. Baca ini utk penjelasan ttg IP :

http://www.indautom ation.com/ pdf/wika/ nemaip.pdf

Saya pernah Uji suatu produk Fingerprint dan ternyata kurang aplicable untuk
linkungan kerja Manufactur atau perbengkelan ataupun yang berhubungan dengan
mesin / mechanical. Karena jari karyawan sering kali belepotan olie dan kotor
sehingga harus di cuci hingga bersih agar dapat absensi di fingerprint. Pada
kenyataannya proses pembacaan fingerprint akibat jari kotor ini seringkali
tidak terbaca sehingga ditolak oleh fingerprint karena hasil Scanning dan data
Finger yang tersimpan TIDAK MATCH. Walaupun ada fasilitas multi ID (
Fingerprint + Input nomor ID ), tetap saya rasakan kurang praktis khususnya
untuk perusahaan dengankaryawan ratusan bahkan ribuan. SebabHAL INI MENJADI
PENYEBAB ANTRIAN PANJANG alias TIDAK EFEKTIF.

Jika mengunakan RFID sebetulnya juga cukup bagus, tapi karena medan lapangan
diperusahaan saya cukup berat jadi pengunaan RFID kurang ideal. Sehingga kita
pilih mengunakan Barcode Scanner yang dipasang pada PC khusus Absensi dengan
aplikasi IDSwap Absensi yang terkoneksi ke Database Server. Teknisnya : Saat
karyawan melakukan absensi pada Barcode Scanner dengan IDCard yang sdh tertera
kode BARCODE pada IDCard-nya lalu Aplikasi akan mencocokkan dengan Database
pada Master Karyawan dan selanjutnya akan ditampilkan Foto karyawan yang
bersangkutan pada PC Khusus absensi tsb beserta tanggal & jam absen.

Keuntungan mengunakan Aplikasi Absensi REALTIME dengan PC & DatabaseServer ini
tentunya dapat menghindari keterbatasan resource memory atau storage dari mesin
absensi serta Payroll yang dihandle dari absensi karyawan tsb juga realtime.
Mau Laporan Absensi kapan aja bisa dilakukan, termasuk mau gajian tanggal
berapaClosing Absensi untuk di generate PAYROLL nya juga bisa dilakukan
anytime...

Oke dech, semoga sedikit sharing ini dapat menambah wawasan rekan2 semua
termasuk bagi Mahasiswa yang mau ambil TA juga bisa coba handle Aplikasi &
System Payroll. Karena ini menjadi peluang bagus sebab masih banyak koq
perusahaan yang masih pake absensi manual... So... untuk pengunaan Fingerprint
saya rekomendasikan untuk Absensi Staff Office atau perkantoran aja. Jika mau
implementasi untuk kebutuhan yang lain, saran saya adalah LAKUKAN TRIAL /
UJICOBA LAYAK PAKAI lbh dulu. Okey...???