Salam untuk rekan-rekan YON-1,
Saya mengikuti milis ini, sudah sejak lama. Kali ini ingin ikut nimbrung
untuk sharing pemikiran. Mulanya saya terusik oleh berita tentang penebangan
liar di hutan TNGL. Kemudian ketika direnung lebih lanjut rasanya
"penebangan liar" sebenarnya tidak hanya terjadi di hutan-hutan Indonesia,
tetapi yang lebih parah justru di perkotaan. Pelakunya sering kali tidak
sadar, dan masyarakat sekitar juga tidak menyadari. Akibatnya parah, karena
penebangan liar itu berlangsungnya sudah puluhan tahun. Mungkin sudah
membudaya. Hasil dari penebangan liar itu adalah : nilai aset terpangkas.
Kita terjebak dalam krisis ekonomi yang berkelanjutan. Dan ketika aset di
BPPN ternyata nilainya jauh dibawah nilai buku kemudian sibuk mencari
kambing hitam. Dan seterusnya . . .
Selengkapnya terlampir di attachment.
Salam.
Bambang Subianto