Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera.
Widya Castrena Dharma Siddha.

Saya mendukung ide untuk mengadakan forum untuk membahas "relevansi
manajemen bisnis - manajemen militer".
Alasannya adalah
1. Pertarungan bisnis sangat mirip dengan pertarungan militer
2. Banyak kalangan masih belum menyadari prinsip maupun aktifitas riil dari
butir 1
3. Banyak kalangan masih menyambut gerakan perang dagang Amerika (WTO,
Globalisasi, privatisasi oleh pengusaha asing, standarisasi internasional,
dll) sebagai semata-mata kegiatan kepedulian US thd dunia yang penuh maksud
baik.
4. Sampai saat ini saya belum mengetahui program pemerintah, LSM,
Universitas, swasta nasional, dll. yang saling bahu membahu untuk
meningkatakan ketahanan dan daya serang bangsa baik dari segi ekonomi maupun
militer.

Namun demikian, saya ingin mengusulkan cara pembahasan materi tsb diatas.
Bila kita langsung membahas isu tsb diforum maka hasil forum tsb akan kurang
matang (seperti forum-forum selama ini).
Alangkah baiknyabila kita menggunakan forum milis ini untuk
1. Menggalang persepsi bersama
2. Meminta kesedian beberapa orang iuntuk menjadi tim pengelola topik
bahasan
3. Menentukan pengorganisasian materi
4. Mengumpulkan ide dan materi dari seluruh anggota yang tersebar dan
membangun karier di berbagai sektor
5. Mengorganisir materi yang masuk
6. Menawarkan hasil pengorganisasian materi dan mengundang anggota untuk
memberikan saran dan materi untuk mematangkan materi tsb
7. Mengusulkan nama-nama nara sumber (didalam dan diluar anggota) yang akan
dimintakan masukan baik dikunjungi/wawancara maupun yang diminta tulisannya.
8. Mematangkan daftar nara sumber dan cara pendekatannya
9. Memfinalkan keseluruhan materi
10. Mengusulkan tim pelaksana forum fisik
11.  Meminta tim pengelola topik bahasan berdiskusi dgn Sdr. DANYON dan tim
pelaksana forum fisik ttg teknis pelaksanaan forum fisik

Keunggulan pendekatan ini adalah kualitas materi yang dihasilkan jauh lebih
baik dan juga tingkat partisipasi yang tinggi.

Sementara itu saya juga menyarankan untuk menggunakan metoda diskusi serupa
untuk membantu rekan-rekan yang masih berada di Kampus. Tema yang diusulkan
adalah Posisi dan kegiatan "unit kegiatan Menwa".

Silahkan Rekan-rekan yang di kampus memberikan updating terhadap posisi
Menwa scr hukum, analisa SWOT dan inputan lainnya yang relevan.

Disampaikan sbagai saran.

Syarif Hidayat
TF'86