Hallo Gank!,

On  Thu, 13 Jun 2002 at 21:23 GMT +0200 (14/06/2002 2:23 where you think
I live) "widya utama"=[wu] wrote to [EMAIL PROTECTED] :

> lho kok......apanya yang gagah..... bisa ditanya tuh ke mahasiswa itb.
> lha buktinya, yon1 - itb mengalami krisis kader :-((

Tunggu pada waktunya, Dan Yon dan Pak Iftikar sdg menyiapkan Jurus Sakti
setelah "tapa kungkum" 7 hari 7 malam he...he..he...

> kan  lebih  gagah pakai yahoo.com atau hotmail.com, ..... banyak orang
> pakai, go international dan gampang ngingatnya :-))

Kemarin  ini  kami  sdg  ngobrol-2x soal KISS (Keep It Simple Stupid) di
Milis  [EMAIL PROTECTED],  ada  posting menarik dari salah satu member,
saya kutipkan ya :

|----<begin copy>-----|
> cuman Sotomie yg nggak enak. Ini satu lagi analogi, disangka
> management yg namanya mail server ya sama aja satu sama lain, kalau
> belinya dilokasi yg "keren" mestinya akan lebih OK :-(

Sekali lagi agak berbeda di sini.  Tempat keren tidak terlalu menjadi
"parameter", apalagi model Jerman semua tidak berpusat di kota besar (di
kantor besar).  Jadi banyak persh keren, tempatnya biasa-biasa aja....
bahkan boss-nya aja bikinin copy sendiri...heh.h.e (office boy,,, nggak
ada deh)

Apalagi rumah/gedung di Jerman ini rata-rata dari luar "nggak ada
keren-kerennya" . Dan relatif bangunan tidak begitu berbeda, jadi nggak
ada keren-kerennya..e.he.h.he.
--------------------------------

> [...]
>     decision.  We  are  open  to  any feedback that you may have on this
>     issue.
>
> Dia benar bhw banyak orang yg malah tidak menghargai sesuatu yg free :-(
> Saya  pernah  menawarkan  ke MDaemon Indonesia List bhw saya akan create
> new  Mailing  List  utk  Mercury Mail Server dan Xmail, baik yg jalan di
> Windows,  Netware  maupun yg di Linux. Keduanya adalah Free Mail Server,
> dan  relatif  lengkap  (setidaknya  sdh  ada SMTP/POP/IMAP). Tp s/d saat
> ini tdk ada yg response.
> Broken  Mail  Server yg jadi alasan ? No, because it is freeware I think

Mungkin  di  tiap  negara  berbeda, dan ini tergantung cara pandang atau
kebiasan  masyarakat  tersebut. Di Jerman, orang bangga kalau bisa dapat
barang  murah  8-)  (kalau  mereka  mau  beli barang, gile.. 50 cent aja
bedanya  diuber),  dan ini bukan hanya mereka yg klas "ekonomi ke bawah"
atau klas mahasiswa, tapi juga sampai ke klas atas. Jadi intinya... beli
barang  hanya  berpatokan pada harga (bukan fungsi, dan kemampuan), pada
umumnya di Jerman dianggap "bodoh" dan orang malu melakukan itu.

Biasanya  kalau  ada  temen  baru  pindahan rumah, kita sering ada pesta
kecil.  Nah  di  sini bisanya mereka akan "pamer" barang yg mereka beli.
Bukan  pamer mahalnya, tapi murahnya.... misal wah lemari ini saya dapat
harganya    "gunstig"    (gunstig    itu    bukan    murah   mirip-mirip
price/performance-nya pas deh, tapi optimal, kalau murah "billig"). Atau
kemarin  saya  nonton  Spiderman,  cewek  di  belakang saya pada diskusi
gimana cara mereka nonton yg murah, makan yg murah.. misal pakai coupon,
hari tertentu.

Saya  sendiri  pernah  melihat  berkas,  teman  saya,  ketika  persh mau
mengganti  printer  (bussssyyyyet cara ngitung perbandingan antara harga
printer,   pemakaian   kertas  per  tahun,  pemakaian  tinta,  orang  yg
dipekerjakaan).  Kadang-kadang  aneh  ngeliat  mereka beli barang... 8-)
(begitu  tekunnya  membandingkan, mencari katalog, beli majalah (majalah
di sini rata-rata perbandingan harga dan kemampuan barang).

Jadi  kalo  di  Jerman  jelas price, atau freeware malah membuat "point"
jadi  naik.  Tapi  yg jadi perhitungan biasanya di Jerman ketika memilih
softawre  adalah  "biaya  SDM" (karena ini mahal banget..heh.ehe.), jadi
kalau  di dalam udah ada orang yg bisa Microsoft dia akan cenderung beli
barang  based  on MS, tapi kalo di dalam sama-sama butuh pelatihan untuk
produk  tersebut,  dia akan pilih yg totalnya murah. Tapi ketika lisensi
sudah  mencekik,  dan toh SDM harus tetap dilatih (dan tidak murah), dan
sistem  tetap  butuh SDM untuk SysAdm, untuk bersihin virus, maka mereka
akan hijrah ke sistem lain.

|-----<end of copy>-----|

Now back to yon1.mahawarman.net feature :
Sebenarnya di Mail Server ada fasilitas Global Address Book, Calendering
System  (Meeting,  Event,  Scheduling)  dan  Netbuddy  (Chat), Clientnya
tinggal  download  saat login melalui http://webmail.mahawarman.net. dan
bisa  synchronize  dg Outlook (mailer lain menyusul). New message notify
built in di ComAgent (nama clientnya Webmail), dan bisa di setting hanya
jika  ada  new  message  di  folder  tertentu  saja  (kita  bisa membuat
filtering  base  on  Sender)  akan  notify ke kita, jadi message-2x dari
orang-2x  tertentu  (atau  subject tertentu) yg kita anggap penting bisa
kita  masukkan  ke  folder  khusus  ini.  Comagent  akan aktif saat kita
koneksi ke Internet, jika offline maka tidak bekerja.

Jadi dari sudut functional nggak kalah, bahkan lebih :-)

> aku jadi ingat iklan rokok : yang penting rasanya bung !

Yg penting fungsinya donk Bung! he...he...he..

> mohon beribu maaf, kang syafril.

Ditampi :-)

- Syafril -

Old Ekek Never Die, They Just Regenerates!
YON-1 ITB <RET> A-7911664
#...Moderator and Fellow [EMAIL PROTECTED] List Member...#

Thought of The Day :
***Kalau  logika  yg sejalan dg akal sehat itu disebut bertentangan atau
malah  memperkosa  aturan yg ada, Anda hrs menyimpulkan aturan-2x yg ada
itu bukanlah common sense melainkan common nonse alias salah kaprah (Eli
Goldratt).