From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, September 20, 2002 11:09 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [yonsatu] Re: Mohon Dimaafkan.....

WCDS,

Terima kasih kepada Pak Agung Budiyanto dan Pak Syafril
atas wejangan dan nasehatnya.
Ini akan menjadi intropeksi ke depan.

Thanks,
Tatang Juhatta

                    Syafril

                    Hermansyah           To:     [EMAIL PROTECTED]

                    <syafril@dutain      cc:

                    t.co.id>             Subject:     [yonsatu] Re: Mohon
Dimaafkan.....

                    09/20/2002

                    10:51 AM

                    Please respond

                    to yonsatu

On Fri, 20 Sep 2002 09:49:10 +0700 [EMAIL PROTECTED]
(TJC) wrote:

[ Nah kan sekarang tulisannya jadi lbh enak dibaca, tidak lagi
melihat gaya bahasa Telex di E-mail <g>, terimakasih utk
pengertiannya ]

> Tapi kalau saya boleh minta konfirmasi,.....letak tidak etisnya
> dimana ? Kalau boleh saya minta aturan mainnya  dalam ber-mailing
> list?

Setiap rumah/organisasi/perusahaan ada aturannya, ada protokolnya.
Di Mailing List, biasanya disebut rule dan umumnya dicantumkan di
kata pembuka (Welcome Message), utk Milis ini Welcome messagenya sbb
(saya kutip) :

                    Aturan Main di Milis YON-1

1. Perhatikan standar etiket di dunia Internet, antara lain :

   a. Jangan menulis dalam huruf KAPITAL (itu artinya Anda
      berteriak).
      Kalau Anda ingin "memberi tekanan" untuk suatu kata gunakan
      ini :

        1. Kata ini _word_ adalah penting
        2. Kata ini *word* adalah penting.

   b. Selalu menggunakan   plain-text format, agar message Anda
      pasti bisa/mudah dibaca oleh orang lain.
      List ini membatasi *Message Size* 250K saja, HTML umumnya
      membuat  "message size" besar, walau isinya sedikit.

   c. Jangan mensetting dalam "High Priority", kecuali jika message
      Anda benar-benar *Urgent*, butuh bantuan orang lain segera.
   d. Sewaktu Reply, jangan "overquote". Message asli yg cukup
      disertakan yg relevan saja dengan jawaban Anda, lebih sedikit
      lebih baik.

   e. Jangan lupa selalu mengisi "Subject". Agar memudahkan si
      penerima  message dalam pengarsipan.

   f. Harap tidak mengirim attachment ke Milis.
      Kebanyakan orang lebih suka ditunjukkan saja lokasi file yg
      perlu  atau ingin didownload

   k. Signature boleh-boleh saja, tetapi jangan panjang-2x.
      Di banyak Mailer akhir-akhir ini, punya "features Signature
      Cut Off", adalah baik jika menambahkan "-- " (dash dash
      space CR) diatas Signature Anda, agar replying akan
      otomatis delete Signature.

Di dunia Internet, juga ada protocol (baca: aturan main) nya yg
dibuat oleh IETF (Internet Engineering Task Force), protocol itu
dicantumkan dalam dokumen yg disebut RFC (Request For Comment),
RFC yg menjelaskan soal Etiket di Mailing List adalah RFC no.
Lihat http://www.dtcc.edu/cs/rfc1855.html atau langsung di sumbernya
: http://www.ietf.org/rfc/rfc1855.txt?number=1855

Kalau ingin link lain yg lebih lengkap, bisa lihat disini :
http://www.albion.com/netiquette/

Atau cari di google atau search engine dg keyword: Netiquette

Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>