Widya Çastrena Dharmasiddha !

At 12:04 19-09-2002 +0700, "Syafril Hermansyah" wrote:
> [...]

Panglima TNI pernah menyatakan bahwa pembubaran koter, masih belum
memungkinkan saat ini. Alasannya sipil -dalam hal ini adalah pemkab dan
pemrov- belum pernah mampu melola pembinaan teritorial. Dan tampaknya kedua
sisi ini berkongkalingkong, karena si sipil bisa memusatkan diri untuk
merampok kekayaan negara, sementara si TNI mempunyai alasan untuk tetap
bersospol.

Kalau diharapkan peran serta dan prakarsa masyarakat -ya orang-orang seperti
kita ini, yang 'amfibi', karena berpenampilan dan bergaya sipil namun
berwawasan militer- lalu bagaimana dengan kerja Wanhankamnas ? Kalau pun
kita -misalnya- akan membentuk pusat-pusat kajian, apa yang bisa dilakukan
di tengah 'gemerlap' hedonisme saat ini ?

Pengalaman sewaktu menjadi penanggung jawab aksi bakti sosial pemuda
antariman (Muslim, Budha, Hindu serta Katholik dan Protestan) bulan Juli
2002 -dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pemuda Gereja Protestan di
Indonesia bagian Barat- adalah rendahnya kesadaran kebanyakan unsur
masyarakat. Yang dilihat semata adalah pekerjaan yang dilakukan, bukan dasar
dilakukannya pekerjaan itu. Saya sendiri kecewa dengan sebagian anggota
panitia -maklum, mereka 'sipil', tidak dibesarkan alam tradisi seperti kita-
yang lebih ingin ikut berpesta, dibandingkan melayani orang lain. Ini baru
mengenai kerja sama sosial, belum menyangkut pertahanan negara.

Kalau boleh mengingatkan : bagaimana tindak lanjut pertemuan di Gedung DHN
45 tempo hari ? Kita tidak bisa menggantungkan atau menunggu perhatian orang
lain, mengenai apa yang seharusnya kita lakukan.

Sharif Dayan
90 67 060 1560

-== http://www.ksatrian.or.id ==-
-== [EMAIL PROTECTED] (defense matter forum) ==-