--- Akhmad Bukhari Saleh <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya sangat mendukung pandangan Rifki dan Bimo tentang penggeseran
> paradigma
> Menwa ke arah menjadikannya Korps Pacad.
Sebenarnya pemikiran tentang pergeseran paradigma yang mengarah
kepada ROTC-nya Indonesia maupunn resimen cadangan yang berbasis
teknologi, mungkin sudah ada sejak dulu, mungkin sejak angkatan pak
Cipto, pak Joni dkk. Belakangan perlunya pergeseran paradigma,
menjadi kebutuhan mendesak, setelah kita menyaksikan eksistensi menwa
di tengah mahasiswa maupun kancah nasional seperti terjun bebas. Kita
menyaksikan saat ini satu-persatu, kesatuan2 menwa di perguruan2
tinggi yang merupakan basis terakhir pertahanan jatuh ketangan musuh
alias diliquidasi. Sementara kekuatan kita secara politik dipentas
nasional dan hukum yang selama ini terwakili oleh alumni dan SKB 3
mentri semakin melemah. Pada akhirnya semua itu akan tiba di Yon I,
ketika tuntutan mahasiswa merajalela, ketika peran dan manfaatnya
bagi kampus dan mahasiwa semakin sedikit, dan ketika alumni2 kita di
kampus sudah kehilangan tajinya atau tergantikan, maka organisasi
yang telah dibangun dengan susah payah, melewati rentang sejarah dan
tradisi ini, bisa ikut terlikuidasi, dan kisah-kisah heroik kita dulu
hanya tinggal ingatan orang perorang. Kita melihat tanda2 itu, saat
ini seperti jumlah anggota yang sedikit, anggaran operasional yang
minim, serta isu tuntutan pemindahan mako menwa dll. Sebelum semua
yang saya katakan diatas terjadi, maka perubahan pardigma itu harus
segera dilakukan.
Kalau paradigma baru itu di jalankan, saya melihat menwa ITB berada
posisi yang sangat ideal untuk bergerak sebagai mediator,
fasilitator, dalam menciptakan prototipe resimen teknologi yang
nantinya kan mengarah ke ROTC berbasis teknologi.

> [...]
> perwira
> melalui Akmil, terutama untuk kwalifikasi banpur dan banmin,
> Malaysia bisa
> kenapa kita tidak, dsb.
> Variant-nya juga banyak, seperti a.l. Men Teknologi itu.
> Kita masing-masing juga sudah tahu, tinggal bagaimana
> memperjuangkannya.
> Tentang memperjuangkan hal ini pun sebetulnya juga sudah banyak
> pemikiran
> dan inisiatif, bahkan juga sudah banyak pendukungnya di kalangan
> pejabat
> hankam kita, tinggal di-fokus-kan dan lalu di-optimal-kan saja

Pendapat dan argumen pak Joni sebenarnya sudah sangat mengarah dan
disertai rencana aksi yang sangat memadai untuk merealisasikannya,
mungkin perlu suatu dentuman untuk memulai. Bagaimana kalau alumni
yon I, yon I dan Dephankam menyenggelarakan seminar kecil misalnya
tentang "ROTC dan transformasi Menwa menuju ROTC". Jadi ROTC yang
akan lahir nanti masih berada pada jalur sejarah yang benar, yaitu
tentara pelajar-walawa59-menwa-ROTC. Sembari disiapkan perangkat
hukum dll, sebuah proyek percontohan yaitu suatu paket menuju
terbentuknya ROTC bisa diusulkan dalam seminar itu,  misalnya
terbentuknya Resimen teknologi ITB yang berada pasa satu jaringan
yang melibatkan Dephankam. Mahasiwa yang dirikrut dalam resimen
teknologi ITB itu, akan diberikan beasiswa, dan kontrak penelitian
tugas akhir yang ada kaitannya dengan teknologi hankam,
mengikuti/presentasi seminar teknologi hankam dll.

Rifki Muhida