WCDS,

> Kalau dari arah Lembang belum sampai ke situ, tidak begitu jauh dari
> simpangan ke Ciater, kira-kira setelah lapangan latihan Diklat TNI (saya
> lupa namanya). Persisnya jalan Maribaya Raya No. 39, nomor teleponnya
> 022.2786184. Petugas jaganya Mang Oye. Kalau mau survey lihat-lihat
kesana,
> bilang saja teman saya.

Kalau tidak salah itu Diklat Ajudan Jenderal.
Tapi kalo saya bilang teman pak Tutun, bakal dipercaya nggak ya?
(GR nih, soalnya masih ngerasa muda).

> Jalan alternatif ini hanya dianjurkan untuk kendaraan yang cukup tinggi
> seperti model Jeep atau Kijang, karena saya terakhir liwat situ, jalan
> banyak yang rusak.

Ada tiga jalur dari Dago Bengkok ke Lembang:
Jalur 1
Dari PPR-ITB Pasir Muncang (komplek atas) ke Jalan Maribaya
Kondisi jalan: separo jalan bagus, separo jalan jelek, paling pendek
jaraknya

Jalur 2
Dari PPR-ITB Buniwangi (komplek bawah) ke Jalan Maribaya
ketemunya sama dengan jalur 1.
Kondisi jalan: paling bagus, jalan agak memutar

Jalur 3
Dari PPR-ITB Pasir Muncang, setelah jalan 5 menit belok kiri, keluarnya di
Sesko AU.
Kondisi jalan: separo jalan bagus, separo jelek, paling nanjak.

Namanya juga jalan alternatif, tentunya nggak sebagus jalan utama.
Memang dianjurkan untuk kendaraan yang tinggi, untuk sedan paling aman
pakai jalur 2.

Sejujurnya, sebetulnya saya tidak suka terlalu banyak kendaraan lewat depan
rumah saya. Karena setelah masuk ke PPR-ITB yang jalannya relatif lebih
bagus,
biasanya terus pada tancap gas.

Wassalam,
Oetomo Tri Winarno