Assalamu'alaikum Rekans sekalian ,

On Tue, 12 Aug 2003 04:44:47 -0700 (PDT) Evy  wrote ,

Kondisi Batalyon saat ini sedang 'sakit' karena itu perlu 'dirawat'
> dulu (dengan intensive care), strateginya antara lain seperti yang
> sudah saya sampaikan.  Jika organisasi itu sudah 'sembuh' dan 'sehat'
> maka barulah kita lepas untuk tumbuh dan berkembang sendiri.  Jadi
> peran aktif alumni hanya bersifat sementara, sampai batalyon bisa
> bernafas lagi dengan baik.  Program-program yang saya usulkan bukan
> bermaksud untuk mendapatkan nilai plus bagi alumninya, tapi para alumni
> hanya 'menularkan' nilai plusnya lewat knowledges dan experiences untuk
> membantu batalyon mendesign organisasinya menjadi organisasi yang lebih
> [...]

(PPS) Evy benar , memang barangkali ada komunikasi yang belum pas .
Sebagai fasilitator yang dipercayakan untuk mengkomunikasikan hasil2
pertemuan CORPS yang lalu , saya mohon maaf , kalau ternyata kesimpulan
pertemuan tersebut belum  "kena dihati" ,..
Dalam milis yang lalu , saya mengambil analogi , keadaan Batalyon I masa
kini sedang memerlukan  "pernapasan buatan" , kalau bahasa
kita2  "rescue" , perlu bantuan , karena dihadapkan pada masalah kronis
yang tak kunjung selesai ,..
Karena itulah kita mengumpulkan alumni dan para sesepuh Batalyon I yang
juga notabene adalah para pendiri Resimen Mahasiswa di Indonesia , untuk
mendengar langsung inti permasalahannya dari DAN YON dan para pembina
yang ada di Kampus ITB . Bahwa ternyata kemudian kesimpulan pertemuan di
interpretasikan berbeda-beda , yaa , harap maklum karena memang
rumusannya sedang disusun oleh Team yang ditetapkan dalam pertemuan tadi .

Tetapi untuk lebih mempertajam apa yang akan kita lakukan untuk  "rescue"
maka menjadi kewajiban saya untuk memberikan beberapa pointers penting
yang dapat dijadikan referensi Rekans  sekalian untuk membantu mengatasi
masalah ini .  Berikut ini klarifikasi kami :

1) Persoalan Batalyon I ITB dan juga persoalan Resimen Mahasiswa  dan
secara luas masalah pembinaan generasi muda ada saling kait mengaitnya ,
karena itu perlu pandangan dan wawasan yang lebih luas dalam mencari akar
permasalahan .

2) Khusus di ITB , perubahan status ITB memerlukan pula perubahan dalam
pembinaan kegiatan mahasiswa di Batalyon I . Ketika SKB 3 Menteri tentang
pembinaan Resimen Mahasiswa dibatalkan dan pembinaan selanjutnya
diserahkan pada pimpinan perguruan tinggi masing2 , saat itulah
sebenarnya kita harus sudah menemukan pola pembinaan yang baru ,tetapi ,
mungkin baru saat inilah persoalan yang menumpuk tersebut menjadi sangat
berat bagi Batalyon , karena menyangkut kelangsungan hidup organisasi
yang sudah mencetak ribuan alumninya .

3) Hal lain yang sudah kita sadari pula adalah menurunnya kualitas
anggota , karena program latihan dan pengalaman organisasi bagi
anggotanya sangat merosot jauh . Program Diksar , Dinas Staf , latihan2
dll. sudah dibawah standard , yang disebabkan karena keterbatasan waktu ,
fasilitas latihan dan dana pembinaan . Hal ini oleh sebagian alumni
menjadi perhatian khusus , karena kita tetap menghendaki anggota CORPS
yang sesuai dengan tuntutan jaman .

4) Oleh karena itu , pertemuan CORPS kemudian menyimpulkan perlunya
pendekatan sistim , dengan membuat rumusan penyelesaian masalah dari tiga
persoalan pokok yang saat ini dianggap paling strategis , yaitu :
(*) kembalikan pendidikan Resimen Mahasiswa  sebagaimana konsep awal
pembentukannya  dulu , artinya latihan dasar kemiliteran dll sesuai
standard sehingga bisa menjadi Cadangan Nasional .Untuk itu , konsep
ROTC dianggap yang paling sesuai , seperti yang dilakukan Malaysia maupun
Singapore . Tetapi , karena hal ini memerlukan perjuangan panjang , maka
ditugaskan pada TEAM ROTC utnuk menyusun rumusan dan program nya .
(**) Pembinaan didalam Kampus , perlu lebih disesuaikan dengan kondisi
saat ini . Kerjasama dengan ITB diperlukan , agar eksistensi Batalyon I
dapat lebih mantap , bahkan diusahakan sejajar , selaku komponen penting
di ITB , bukan sekedar mahasiswa biasa ataupun malahan HANSIP . Peranan
CORPS untuk menjembatani hubungan ini , adalah juga sebagai balas budi
alumni pada almamater yang telah melahirkannya . Untuk itu , ditugaskan
TEAM ITB yang terdiri dari  Pak Tutuka Ariadji , Pak Iftikar ZS dan Pak
Krishna Suryanto , yang juga staf pengajar di ITB . Team ini akan
menghimpun seluruh potensi alumni yang ada di ITB  untuk berperan dalam
kerjasama yang terhormat ini .
(***) Untuk bisa mencapai tujuan yang akan diupayakan oleh kedua TEAM
diatas , diperlukan sasaran dekat , yang bisa dilakukan saat ini juga ,
misalnya kerjasama  CORPS dengan ITB menyelenggarakan LTC atau berbagai
program pelatihan singkat , dimana anggota aktif Batalyon I akan
dilibatkan sebagai para Asisten yang akan belajar sambil bekerja dalam
Team tersebut . Bahwa sekarang hanya tersisa anggota dalam jumlah kurang
dari sepuluh , sudah dapat diartikan bahwa mereka memerlukan
kerjasama  "tandem"  dengan CORPS . Team  "crash program"  juga dapat
menjajagi kemungkinan pemberian beasiswa , membuat program pengenalan
dunia militer bagi mahasiswa baru itb seperti yang diusulkan beberapa
alumni .

Dengan adanya tiga (3)  Team yang akan bekerja secara konsepsional ,
tetap terbuka kesempatan bagi anggota Batalyon aktif untuk mengambil
bagian dalam perumusan tersebut , sebagaimana para sesepuh Mahawarman
dulu menyusun konsep Resimen Mahawarman yang akhirnya menjadi konsep
nasional .

Kami berharap klarifikasi ini dapat menghindarkan Rekans2 dari salah
tafsir dan menyurutkan langkah untuk perbaikan generasi Batalyon pada
masa yang akan datang . Saya setuju pula dengan pendapat mas Koni , bahwa
perlu ada tindakan nyata , langsung dan tepat sasaran . Marilah kita
sama2  berupaya agar  Batalyon I tetap menjadi tempat penggemblengan para
mahasiswa yang nantinya dapat menjadi sarjana yang menguasai medan
persoalan dan bukan sarjana yang bisanya hanya minta bantuan sana-sini .

Kami tetap menunggu saran konkrit dari Rekans sekalian dan jangan pula
segan mengkritik kami , karena kita punya tujuan yang sama .

WIDYA CASTRENA  DHARMA  SIDDHA  ,

Wassalam ,
Priyo PS.