Thanks Pak Rifki, menarik sekali tulisannya.
Saya sendiri melihat apa yang anda tulis nggak menggebu-gebu kok, sangat
wajar dan rasional.  Adalah sangat logis jika Menwa (khususnya Yon I) bisa
turut berkontribusi pada pengembangan teknologi militer di Indonesia.
Kenapa logis?  Karena Menwa kan dalam berbagai kegiatan yang dilakukannya
bisa mengenal dan mengetahui prosedur TNI sampai ke peralatannya.  Maka,
dengan berbekal pengetahuan yang diperoleh di kampus, diharapkan anggota
Menwa akan terinsipirasi untuk memikirkan inovasi atau perbaikan terhadap
prosedur dan peralatan TNI yang digunakannya itu.  Apalagi kalau konsep
ikut serta mengembangkan teknologi militer di Indonesia berhasil menjadi
bagian dari misi Menwa (Yon I), dimana pemikiran2 inovatif ini diharapkan
akan secara otomatis muncul.

Sebagai misal, seorang anggota Menwa merasakan popor senapan yang dipakai
berlatih menembak terlalu panjang sehingga sangat melelahkan ketika harus
konsentrasi dalam membidik.  Keadaan ini dapat menimbulkan pertanyaan
dalam dirinya, yaitu apakah hanya dia sendiri yang mudah lelah menggunakan
senapan itu, atau rekan lainnya juga.  Kalau rekan lainnya juga mudah
lelah, jangan2 seluruh anggota TNI juga akan demikian jika harus
menggunakan senapan itu di medan laga.  Dari pertanyaan2 tsb, maka mungkin
dapat muncul ide membuat spesifikasi peralatan TNI yang disesuaikan dengan
postur anggota TNI.  Untuk bisa mengetahui postur anggota TNI, maka
diperlukan pengumpulan data (anthropometry).  Dari data yang terkumpul
dapat diusulkan spesifikasi teknis suatu senapan baru yang lebih pas
dengan postur anggota TNI.

Kalau dilihat, masalahnya sederhana.  Tetapi menurut hemat saya masalah
yang sederhana ini dapat melibatkan berbagai macam disiplin ilmu, misalnya
Teknik Industri (untuk proses pengumpulan data dan disain ergonomis),
SeniRupa (untuk design product), Teknik Mesin (sistem kinematik, material
dan teknik manufacturing), dan bidang2 yang lain (setidak2nya untuk
membuat data statistik).  Lebih jauh lagi, anggota Menwa yang mengambil
kuliah dibidang ekonomi misalnya (berarti dari Yon II, dsb.) bisa saja
ikut terlibat dengan tugas membuat semacam 'business plan' terhadap
senapan baru TNI tsb, yang dapat dijual ke negara2 ASEAN, mengingat postur
anggota Angkatan Bersenjata ASEAN yang mirip postur anggota TNI.  Maka
lengkaplah cita2 pak Rifki untuk menjadikan Menwa sebagai Resimen
Teknologi, yang bukan hanya menjadi cirikhas Yon I, tetapi cirikhas Menwa
Indonesia.

Masalahnya sekarang adalah:
1- Menwa perlu koneksi ke TNI.
2- Menwa perlu peralatan (laboratorium sederhana), untuk bisa melakukan
'riset' seperti contoh diatas.
3- Menwa perlu anggota untuk melaksanakan aktivitas tsb.

Untuk menjawab masalah2 tsb, maka perlu dilakukan hal2 berikut:
1- Alumni Menwa menjadi perantara sebagai penghubung ke TNI, Pemerintah
dan kalau perlu ke Parlemen.
2- Alumni Menwa menjadi perantara pengadaan/peminjaman peralatan riset.
3- Anggota Menwa aktif dengan didukung para Alumni membuat progam
rekruitment dan 'maintenance' anggota baru yang sesuai dengan jamannya.

Berbeda dengan cara pandang anda yang mengusulkan bahwa Resimen Teknologi
merupakan cirikhas Menwa generasi ke V, saya cenderung melihat ia sebagai
fondasi baru yang memperkokoh keberadaan Menwa itu sendiri, sehingga ke '5
generasi' itu tidak kita lihat secara sendiri2, akan tetapi secara
terpadu, secara holistik.  Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa
fondasi Menwa pada masa kini adalah: 1) kewiraan, 2) kemahasiswaan, 3)
kepemimpinan, 4) anda belum sebut, dan 5) keteknologian.

Melihat dukungan yang pak Rifki pernah berikan ke Batalyon melalui konsep
'e combatnya', saya yakin bahwa anda pasti akan tetap menjadi salah satu
alumni yang tetap konsisten memberikan dukungan kepada Yon I, seperti
halnya pak Priyo dan rekan2 lainnya.
Semoga segala niat baik dan jerih payah kita semua dapat membuahkan hasil
pd suatu ketika, demi kejayaan republik tercinta ini.

Salam hangat,
HermanSyah XIV.

Rifki Muhida <[EMAIL PROTECTED]>
08/18/2003 18:01