Subject: [yonsatu] Re: Perbaikan citra TNI akan mengurangi keterpurukan
citra m
From: SANTIA Anggit <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Mon, 29 Sep 2003 08:46:27 +0800

Harry,
Cocok itu. Mestinya momentum APDN bisa dijadikan kampanye oleh TNI, untuk
menanamkan citra positif bahwa TNI is not like that at all. Kayaknya
kegiatan Dispen TNI lagi turun ya. Jarang keliatan acara bagus lagi di TV.
Juga, gagasan TNI inti yang kecil dan profesional, didukung oleh wajib
militer untuk semua yang eligible, kok tak terdengar lagi. Padahal sangat
cost efective itu.

Anggit

            Harry Kusna

                                         To:   [EMAIL PROTECTED]

                                         cc:

            09/29/03 08:12 AM         Subject: Database Yon I - ITB

Yth. Pak Syafril,

Dalam pertemuan Mahawarman Yon-1 kemarin di ITB, saya melihat bahwa nama
Pak Syafril, nama saya, nama Pak Sakti Tamat, nama Pak Dadan termasuk di
dalam group untuk menggarap database Yon-I ITB.  Kita diharapkan untuk
segera dapat memulainya, paling tidak membuat rencana program2nya.  Saya
kira, dari keterangan Pak Susilo, Pak Priyo, sedikit banyak, Pak Syafril
sudah mulai merintisnya.   Kalau ada yang bisa/harus saya kerjakan, mohon
hubungi saya, dan Insya Allah, kita akan dapat saling bantu di dalam
menyelesaikan pekerjaan ini.

Hal2 yang sudah terpikir oleh saya ant. lain:
   Deliverables dari pekerjaan ini adalah
      suatu database lengkap anggota Mahawarman Batalyon I - ITB yang
      mencakup semua angkatan, tersimpan secara digital
      buku direktori Mahawarman Batalyon I - ITB yang akan diterbitkan
      setiap tahun (kalau bisa), yang merupakan cetakan dari data digital
      tsb.  Untuk dana pencetakan direktori, kita bisa sisipkan iklan
      perusahaan yang berminat.  Kita bisa minta team dana untuk
      mempersiapkan program pemasarannya, setelah semua jadwal ini
      terencanakan secara lebih matang (kapan database-nya jadi, berapa
      buku akan dicetak, berapa banyak perkiraan pasarnya, kapan akan mulai
      dicetak/disesuaikan dengan event hanata misalnya, dsb)
   Format data yang akan disajikan:
      mungkin kita harus menyepakati terlebih dahulu data2 element apa yang
      akan dimasukkan ke dalam database tsb, apakah hanya nama, tgl lahir,
      angkt, atau data2 lain yang lebih lengkap.  Untuk itu, kita perlu
      mengetahui/memperkirakan manfaat apa yang akan dituju dengan
      mengumpulkan data2 tsb, apakah hanya untuk sekedar tahu dan
      bernostalgia, atau juga untuk menghimpun kemampuan/kekuatan Yon I,
      tahu bagaimana alumninya tersebar, dimana dan dalam bidang
      keahlian/pekerjaan apa saja, dsb.
   Cara pengumpulan datanya:
      Kalau bisa, sedapat mungkin data yang terkumpul sudah dalam bentuk
      digital/komputer file, sehingga tidak akan merepotkan penyusunnya
      lagi
      Untuk itu, perlu dipikirkan strategi pengumpulan datanya, setelah
      didapatkan format data yang confirmed, disusun form-nya, disebar
      melalui email, dan bagi mereka yang tidak mempunyai email, diharapkan
      dapat menyampaikannya melalui koordinatornya, sehingga dalam hal ini
      perlu
      disusun koordiantor per-angkatan/lokasi/kota, dsb yang akan
      mengumpulkan data2 tsb.
   Jadwal rencana pekerjaan dan tahapan target2nya (milestones)
      Kita tahu bahwa akan banyak program yang akan bergantung/memanfaatkan
      data ini, seperti misalnya program Hanata, program iuran, dsb.  Jadi
      jadwal kita mungkin sebaiknya selaras dengan jadwal2 mereka.

Mungkin ini saja dulu Pak Sayfril, terimakasih atas perhatiannya, dan
please feel free to add more ideas.

Wassalam,
Harry Kusna