Wah, koq malah ditanyain ke saya soal arah mata angin ini, kan yang
memunculkan kata "pemerintahan Barat" mulanya Doedoeng.
Kalau soal negara maju dan terbelakang, kan arah mata angin yang lazim
dipakai "Utara" dan "Selatan".
Jadi saya betul-betul bingung mengikuti penjelasan Doedoeng ini.
Apalagi mendadak Jepang jadi "Barat", bagaimana ngaturnya tuh?

Kemudian kalau yang dibilang negara terbelakang itu Timur dan
mayoritasnya kaum muslimin, apa milyaran orang di India dan Afrika
sudah bukan negara terbelakang.
Jangan-jangan maksud Doedoeng, "Barat" itu Kristen dan "Timur" itu
Islam!? Ha ha ha...
Lantas India yang Hindu, Cina yang Konghucu dan Jepang yang Shinto,
arah mata anginnya apa yaa?

Wasalam.
------------
PS:
Saya baca ASWJ juga waktu nginap di Sheraton Yogya, ketika konferensi
PII se-ASEAN bulan lalu. Jadi sama-sama hobby baca majalah tanpa beli
juga 'Doeng, he he he.
Pengungkapannya cukup detail, nama-nama keluarga Khameini yang jadi
kaya raya lengkap disebut disertai profile-nya, metode KKN-nya juga
dijelaskan.
Juga dijelaskan bahwa KKN itu bisa meruyak, karena sistem theokrasi
yang berlaku di Iran sekarang ini tidak mengenal check and balances.
Jadi mungkin ini satu-satunya korupsi yang dilakukan orang
terang-terangan atas nama Islam.
Kalau lihat nama reporter penulisnya, walau saya lupa persisnya,
tetapi nama Timur Tengah.